Pengolahan Lahan dan Persemaian Langkah Awal Budidaya Brokoli

udin abay | Rabu, 12 Juni 2019 , 16:54:00 WIB

Swadayaonline.com - Teriknya matahari siang di musim kemarau, tetap membakar semangat peserta Pelatihan Teknis Agribisnis Sayuran Angkatan 52 untuk hadir di lokasi pelatihan pada sesi 3, Rabu (12/06/2019). Dipandu oleh fasilitator pelatihan, Penyuluh Pertanian, Evan, dan Petugas POPT, Ine, membagi peserta menjadi 3 kelompok dan masing-masing langsung mempraktikkan membuat naungan persemaian, mengolah lahan, dan melakukan persemaian benih tanaman brokoli.

Tampak hadir pula para Counterpart kerjasama antara BBPP Lembang dan Taiwan Technical Mission, Yeyep Dintan dan Dewi Padmisari, serta Kasie Non Aparatur, Irwan Waluya, yang turut memantau jalannya pelatihan agar berjalan dengan baik. Media yang digunakan untuk membuat persemaian adalah arang sekam dan kascing (terbuat dari kotoran cacing merah), dengan perbandingan 1:1. Keduanya dicampur hingga merata dan diberi air hingga agak lembab, selanjutnya dimasukkan kedalam tray.

Lalu, benih brokoli satu persatu dimasukkan kedalam lubang tray. Kelebihan melakukan persemaian seperti yang diungkapkan oleh Yeyep Dintan, “dengan membuat persemaian, maka kerja menjadi lebih cepat, memperkuat perakaran tanaman, dan dapat mencegah bengkak akar”, ujar Yeyep kepada peserta.

Kelompok lainnya membuat naungan persemaian, yang terbuat dari bambu. Bambu satu persatu dirangkai menjadi suatu naungan sederhana tempat tray-tray persemaian nantinya diletakkan selama kurang lebih 2 minggu, sebelum tanaman dipindahkan ke lahan. Di kelompok terakhir, peserta melakukan olah lahan menggunakan alat mesin pertanian jenis cultivator diatas lahan demplot peserta pelatihan seluas 50 m yang nantinya akan ditanami brokoli. SY/CHE