Magang Bersertifikat Bidang Perkebunan, Polbangtan Bersinergi dengan Holding PTPN III

udin abay | Sabtu, 22 Juni 2019 , 16:36:00 WIB

Swadayaonline.com - Bertempat di kantor pusat Holding PTPN III, Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan) bersama Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan dan Manokwari beserta Divisi SDM Holding PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) III membahas persiapan kegiatan magang bersertifikat bagi mahasiswa (21/6).

Kegiatan ini sebagai tindaklanjut MoU antara Pusdiktan dengan Holding PTPN III yang telah ditandatangani pada Januari lalu. Tujuannya adalah untuk menciptakan SDM unggul yang memiliki kompetensi di industri dan berdaya saing global di bidang perkebunan. Persiapan magang bersertifikat ini dihadiri oleh Direktur Polbangtan Manokwari, Direktur Polbangtan Medan, Kepala Sub Bidang Kerja Sama dan Tugas Belajar Pusdiktan, serta Kepala Sub Divisi Talent Management Holding PTPN III.

Rencananya, program magang mulai dilaksanakan pada 22 Juli selama 6 bulan. Program magang yang pertama ini, kuota Polbangtan Medan adalah 40 orang mahasiswa dialokasikan pada PTPN 2, 3 dan 4 di Sumatera Utara. Polbangtan Manokwari sebanyak 28 org mahasiswa dialokasikan pada PTPN 14 di Sulawesi Selatan.

Teguh Widodo, Kepala Sub Divisi Talent Management Holding PTPN III, menyebutkan bahwa proses seleksi mahasiswa diserahkan kepada Polbangtan. Rangkaian aktivitas magang bersertifikat terdiri dari pra pelaksanaan, pelaksanaan, dan uji kompetensi.

Pra pelaksanaan meliputi persyaratan dan seleksi. Tahap pelaksanaan meliputi in house training, pelaksanaan magang, uji kompetensi. Bagi mahasiswa yang tidak lulus uji kompetensi, akan mendapatkan surat keterangan magang.

Abdul Roni Angkat, Kepala Sub Bagian Kerja Sama dan Tugas Belajar mengatakan "ini terobosan baru, bahwa peserta magang akan mendapatkan uang saku per bulan serta mendapatkan sertifikat kompetensi dan sertifikat industri dari PTPN, kesuksesan pilot projek ini akn dapat iikuti oleh polbangtan lain untuk angkatan selanjutnya". Tindak lanjut dari pertemuan ini adalah penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Polbangtan dengan Holding PTPN III. SY/AGH