Penjajakan Potensi Kerjasama Pertanian Indonesia-Fiji

udin abay | Jum'at, 19 Juli 2019 , 12:02:00 WIB

Swadayaonline.com - Dalam rangka penjajagan potensi kerjasama pertanian, 3 orang perwakilan Kedutaan Besar Fiji di Jakarta, didampingi Biro Kerjasama Luar Negeri berkunjung ke Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, Selasa (16/07/2019).

Rombongan diterima secara resmi oleh Kepala Bidang Program dan Evaluasi, M. Iski Suharno yang didampingi oleh Widyaiswara, Yeyep Dintan dan Dewi PS serta Kepala Seksi Program dan Kerjasama, Yullyndra Tisna Diputri.

“Maksud kedatangan perwakilan Kedutaan Besar Fiji ini untuk meninjau fasilitas pelatihan dimana Indonesia memiliki peran dalam mendukung peningkatan kapasitas petani Fiji”, jelas Widyanto Soetajan, Kepala Sub Bagian Asia dan Pasifik Biro KLN.

Yeyep Dintan mejelaskan tentang profil BBPP Lembang dan kegiatan apa saja yang dilaksanakan oleh BBPP Lembang. Ketertarikan perwakilan Kedutaan Besar Fiji di Jakarta ini tentang kegiatan di BBPP Lembang terlihat setelah disampaikannya profil balai.

Selanjutnya rombongan diajak mengelilingi lahan praktik BBPP Lembang. Laboratorium Kultur Jaringan, Laboratorium Pengolahan Hasil Pertanian, Packing House, Screen House, dan Coffee Shop di’Coffeean satu persatu dilihat oleh mereka.

Diskusi terjalin untuk brainstorming tentang teknologi pertanian yang bisa diadaptasi di Fiji. Di penghujung kunjungan, Counsellor Kedutaan Besar Fiji di Jakarta, Isaac Grace menyampaikan kesan dan harapannya setelah melakukan penjajagan kerjasama ini, “BBPP Lembang menjadi salah satu lokasi yang tepat untuk belajar pertanian yang pernah kami kunjungi, ungkapnya.

“Kami harapkan Pemerintah Indonesia dapat memberikan peluang atau tawaran pelatihan pertanian bagi para petani Fiji agar kami bisa belajar banyak dari Indonesia tentang teknologi pertanian”, harap Isaac. SY/CHE