BPP Paku Kalteng Lakukan Pendampingan Poktan pada Kegiatan BID

udin abay | Senin, 22 Juli 2019 , 17:05:00 WIB

Swadayaonline - Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Paku Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah melakukan pendampingan kepada para Kelompoktani dalam kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID). Kegiatan tersebut dibuka resmi Camat Paku Kamis (18/7/2019). Dalam acara tersebut hadir Koordinator BPP Paku Asbel J serep beserta jajaran penyuluh pertanian, pemerintah desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMD).

Pihak DPMD bersama dengan jajaran Penyuluh Pertanian BPP Paku mengatakan dalam rangka memacu gerak langkah percepatan pembangunan desa, pemerintah meluncurkan Program Inovasi Desa (PID) dengan harapan program ini dapat memberikan suntikan baik motivasi maupun realisasi dalam melengkapi desain kerangka pembangunan yang sudah berjalan.

Program Inovasi Desa merupakan salah satu upaya dalam mempercepat penanggulangan kemiskinan di desa yang lebih berkualitas dan strategis dalam rangka mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa dengan memberikan banyak referensi dan inovasi, terutama inovasi pembangunan desa sekaligus merevitaliasi peran pendamping dalam pengembangan potensi ekonomi desa, baik dalam bidang pengembangan ekonomi lokal termasuk salah satunya dibidang pertanian dan kewirausahaan pertanian, pengembangan sumber daya manusia, pelayanan sosial dasar, maupun infrastruktur desa.

Penyelenggara BID, Camat Paku menjelaskan BID merupakan salah satu kegiatan dari PID. “BID ini diharapkan mampu memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan dan penyebarluasan kegiatan inovatif antar desa secara partisipatif dan merupakan salah satu bentuk dukungan kepada desa agar lebih efektif, dalam menyusun penggunaan dana desa sebagai investasi dalam peningkatan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat apalagi potensi wilayah di kecamatan Paku yakni sektor pertanian,” ujarnya.

Menurut koordinator BPP Paku Asbel J Serep, pemerintah desa dan masyarakat perlu diberikan langkah-langkah nyata guna mempercepat proses pemahaman dan pelaksanaan pembangunan desa, salah satu langkah nyata adalah dengan pola inovasi kegiatan pertanian, praktik-praktik cerdas atau pengetahuan dalam investasi dana di desa dan kegiatan-kegitan lain dalam pembangunan desa yang diharapkan tumbuh dari inisiatif masyarakat dan pemerintah desa itu sendiri.

“Saya berharap pelaksanaan BID ini dapat memberikan motivasi dan inovasi baru bagi desa, untuk berpartisipasi dalam proses menggali dan memanfaatkan potensi yang ada di desa,” harap harapnya Asbel J Serep selaku koordinator BPP Paku yang juga meminta kepada tokoh-tokoh masyarakat untuk terus mengembangkan daerahnya masing-masing dengan cara terus terlibat dalam proses pembangunan sejak awal yaitu dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.

"Mari bangun desa sejahtera dengan tetap menjaga rasa kebersamaan, mempererat tali persaudaraan, turut aktif menjaga iklim kondusif dan toleransi, tidak mudah terprovokasi, serta tetap memegang teguh persatuan dan kesatuan agar Kecamatan Paku Kabupaten Barito Timur KALTENG semakin maju, makmur dan sejahtera"imbuhnya lagi.

Sementara itu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) bersama Camat Paku mengatakan BID merupakan kegiatan positif yang memungkinkan terjadinya tukar menukar informasi terkait inovasi dan kreasi masyarakat yang berkembang di desa masing-masing. BID dianggap penting dilaksanakan dalam rangka mewujudkan desa mandiri, karena pelaksanaannya mengedepankan prinsip ATM atau amati, tiru, modifikasi terhadap keberhasilan setiap daerah memajukan daerahnya.

“Diharapkan kepala desa, badan permusyawaratan desa (BPD) semakin semangat lagi berinovasi melaksanakan pembangunan desa beserta penyelesaian kendala yang menjadi hambatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa di wilayah kecamatan Paku" kata Asbel J Serep. SY/HSDM