Tomat Indigo Kaya Manfaat untuk Kesehatan

udin abay | Selasa, 23 Juli 2019 , 16:12:00 WIB

Swadayaonline.com - Tomat Indigo Rose berasal dari Negara Chile yang dikembangkan sebagai tanaman obat. Tomat ini memiliki zat antosianin yang tinggi yang ada di dalam buah. Antosianin bermanfaat untuk melawan penyakit kanker dan diabetes. Menurut Profesor Myers, dia melakukan penelitian ini setelah mengetahui tomat ungu mengandung antosianin, yang juga dijumpai pada buah blueberry. Dia lantas penasaran, bagaimana apabila tomat ungu disilangkan dengan beberapa jenis tomat merah liar.

“Ini adalah varietas tomat unggul pertama di dunia, yang memiliki antosianin di dalam daging buah”, kata Profesor Myers. Antosianin (anthocyanin) memiliki efek yang sangat bervariasi pada kesehatan manusia. Sang Profesor kemudian mempercayakan pengembangan Indigo Rose secara komersial kepada Sutton Seeds, sebuah perusahaan berbasis di Devon County Inggris, untuk menjual tomat hitam ini.

Menurut asisten manajer produk Sutton seeds, Alfie Jackson, sebenarnya ada beberapa jenis tomat yang berwarna gelap, tetapi Indigo Rose merupakan satu-satunya tomat yang benar-benar berwarna hitam dan paling gelap yang pernah ada selama ini. “Indigo Rose memang tidak semanis tomat pada umumnya, rasanya lebih gurih. Lebih bagus lagi jika diolah dengan cara dipanggang atau dijadikan salah satu bahan pembuatan salad,” kata Jackson.

Jackson menambahkan, produk ini mulai disukai banyak orang. Warnanya sangat menarik konsumen, terlebih setelah mereka mengetahui manfaatnya untuk kesehatan manusia. Tomat ini juga memiliki keseimbangan rasa yang unik, seperti gabungan antara gula dan asam. Tomat Indigo Rose pada awalnya sama seperti tomat biasa, warnanya hijau tetapi lama kelamaan muncul warna keunguan dibagian atas dekat cupat dan lama-lama keunguan itu menjadi besar dan gelap, Setelah tua, tomat ini akan berubah menjadi merah tua dan bagian atasnya berwarna ungu kehitaman/gelap.

Di Negara Bagian Oregon, buah ini bisa matang sempurna dalam umur 91 hari setelah masa tanam. Profesor Myers memastikan, Indigo Rose sama sekali bukan termasuk organisme hasil rekayasa genetika (GMO), tetapi murni hasil persilangan (crossing) antara dua jenis tanaman tomat. Tomat ungu ini lebih dikenal dengan nama Indigo Rose.

Jenis tomat ini belakangan sudah mulai menghuni supermarket di beberapa kota besar di Indonesia dengan harga yang lumayan tinggi karena manfaat unntuk kesehatan sangat banyak seperti menyegarkan tubuh. Hal ini pastilah berguna sekali untuk kita yang telah melakukan aktivitas selama seharian, memberikan energi bagi tubuh karena kalori serta potassium adalah kandungan yang ada pada tomat hitam, menjaga daya tahan tubuh karena vitamin yang terkandung didalam tomat hitam yang diyakini mempunyai pengaruh yang baik dalam peranan menjaga kesehatan tubuh serta mencegah tubuh dari berbagai penyakit ringan, misalnya seperti flu dan juga batuk yang menyerang imunitas tubuh dapat dicegah oleh tomat hitam ini.

Selain itu mampu mengatasi sariawan dan peradangan karena Indigo Rose memiliki kandungan anti-bakteri dan juga anti peradangan alami, baik untuk program diet karena kandungan serat yang sangat tinggi sehingga buah ini cocok untuk dikonsumsi secara teratur oleh mereka yang menjalani program diet, dapat menurunkan kolesterol karena kandungan niacin alami yang bisa membantu menurunkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh, anti oksidan alami. radikal bebas yang dapat menyebabkan beberapa masalah untuk tubuh anda dapat dicegah oleh tomat hitam yang kaya akan antioksidan alami, penyakit seperti obesitas (kegemukan), kencing manis dan kanker. Pigmen yang menghasilkan zat adalah warna tomat tersebut dan manfaat lain adalah sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, untuk kesehatan mata, menjaga kesehatan kulit, menjaga kesehatan tulang, anti kanker, menurunkan tekanan darah, dan baik untuk kesehatan pencernaan. (Rokhedi, Widyaiswara BBPP Lembang)