P4S dan Ikamaja Bangun Jejaring Kerjasama

udin abay | Jum'at, 02 Agustus 2019 , 08:35:00 WIB

Swadayaonline.com - Dalam upaya mewujudkan sasaran strategis Kementerian pertanian. Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) melalui Pusat Pelatihan Pertanian (Puslatan) melakukan penguatan kelembagaan petani serta peningkatan kompetensi SDM Pertanian dengan menyelengarakan Pertemuan Pengembangan Jejaring Usaha Alumni Magang Jepang dengan Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) yang dilaksanakan di Hotel Aston Palembang (30/7/2019).

Pertemuan ini diikuti oleh 73 Alumni Magang Jepang dan 28 Peserta P4S dengan mengundang narasumber dari Tani Hub Indonesia, Igrow dan Balai Inkubator Teknologi (BIT) Serpong. Kepala Pusat Pelatihan Pertanian menyampaikan bahwasanya sesuai intruksi presiden sekarang adalah tahunnya SDM maka kita yg bergerak dibidang pertanian harus melakukan akselerasi dibidang pertanian. Maka diharapkan Pertemuan ini dapat meningkatkan kolaborasi, kerjasama kegiatan pelatihan diatara P4S itu sendiri dan Alumni Magang Jepang dan juga mereka mampu mengembangkan usahanya agar produksinya lebih baik dan membangun jejaring kerjasama diantara mereka sehingga akan meningkat pendapatan usaha dan kesejahteraannya. Ujar Bustanul Arifin.

Disamping beberapa narasumber dari luar Kementerian pertanian hadir juga Unit Pelaksana Teknis (UPT) BPPSDMP seperti Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Jambi dan Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Lampung dimana mereka adalah Pembina langsung P4S dan Alumni Magang Jepang wilayah Sumatera dan Juga Sekolah Menengah Kejuruan Pembagunan Pertanian Negeri (SMKPPN) Sembawa. SY/HSDM