Dukung Program APBNP 2017, BBPP Ketindan Gelar Diklat Cabai

udin abay | Minggu, 15 Oktober 2017 , 19:40:00 WIB

Swadayaonline.com - Guna mensukung Program APBNP 2017, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan bekerja sama dengan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan dan Perkebunan Kabupaten Malang menggelar Diklat Teknis Tematik Tanaman Cabai di BPP Singosari.

30 peserta berasal dari 2 kabupaten, yaitu Kabupaten Malang dan Blitar. Peserta dari Kabupaten Malang sejumlah 14 orang berasal dari petani dan 1 orang penyuluh pertanian. Sedangkan peserta dari Kabupaten Malang sejumlah 16 orang petani berasal dari Kecamatan Singosari, Kalipare, Bantur, Sumbermanjing Wetan dan Jabung. Peserta diklat merupakan petani penerima manfaat kegiatan APBNP 2017

Diklat Teknis Tematik Tanaman Cabai dibuka oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Ir. M. Nasri Abd. Wahid, M.Eng, Sc, dogelar selama 4 hari, mulai 11-14 Oktober 2017. Menurut Nasri, diklat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan petani serta menggali permasalahan yang ada di lapangan, agar nantinya petani dapat menemukan langkah pemecahan terhadap masalah yang dihadapi.

“Pada diklat ini peserta akan mendapatkan ilmu mengenai cara menggali masalah di lapangan, sehingga dapat menemukan masalah inti dan nantinya dapat diambil langkah-langkah pemecahan masalah tersebut. Itulah pada tujuan diklat tematik yang sebenarnya,” ujar Nasri. (11/10/2017).

Dirinya menyebutkan bahwa permasalahan utama petani cabai adalah hama dan penyakit tanaman. Petani bisa dirugikan dan dibuat pusing oleh masalah hama ini. Untuk itu melalui diklat ini petani dapat memperoleh ilmu lebih banyak mengenai hama dan penyakit pada tanaman cabai.

Salah satu peserta diklat, Purwanto, mengaku sangat terbantu dengan adanya diklat ini. Apalagi banyak ilmu yang didapat sehingga dapat memotivasi dirinya untuk terus menanam cabai. Tanggapan positif juga dikemukakan peserta lainnya dari Sumbermanjing Wetan, Atik Cahyadi, dirinya mengatakan pengetahuan dan keterampilannya semakin bertambah, sehingga tingkat keberhasilannya akan bertambah dalam berusaha tani cabai. SY/HMS