Pelatihan Teknis Agribisnis Sayuran dengan OTM Angkatan 58 Dibuka

udin abay | Selasa, 13 Agustus 2019 , 17:51:00 WIB

Swadayaonline.com - Kementerian Pertanian melalui Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang sebagai UPT Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, bekerjasama dengan Taiwan ICDF melalui Taiwan Technical Mission, dalam Proyek Agribusiness Incubator Center yaitu penguatan kapasitas petani, salah satunya dengan menyelenggarakan Pelatihan Teknis Agribisnis Sayuran dengan Onsite Training Model. 

Pelatihan ini berbasis outcome dimana memadukan pelatihan dan penyuluhan, tidak hanya meningkatkan kompetensi petani, namun juga pendapatannya sehingga kesejahteraan meningkat. Dilaksanakan di tempat usaha petani sebanyak 7 sesi dengan materi pelatihan sesuai kebutuhan petani dan waktu pelatihan sesuai kesepakatan.

Untuk Angkatan 58, dilaksanakan di Kelompok Tani Sinar Barokah Desa Cihanjuang Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat. Dua puluh lima orang petani menjadi peserta pada angkatan ini. Pembukaan pelatihan, Selasa (13/08/2019) oleh Kepala Seksi Pelatihan Non Aparatur, Irwan Waluya. “Tujuan pelatihan ini adalah meningkatkan peran petani maju dalam membimbing anggota kelompok tani dan petani sekitarnya, mengintegrasikan dan penguatan antara petani maju dan anggota kelompok tani dalam membangun kemitraan dan pemasaran, mewujudkan petani sayuran yang mampu berwirausaha yang kreatif, inovatif, profesional, berwawasan global, dan meningkatan kompetensi peserta dalam rangka meningkatkan pendapatannya.

Selanjutnya, dilaksanakan Identifikasi Kebutuhan Pelatihan dengan metode Focus Group Discussion, dipimpin oleh fasilitator yaitu penyuluh pertanian, untuk menjaring kebutuhan peserta akan materi dalam budidaya yang belum dikuasai. Ini akan menjadi kurikulum pelatihan. Ditentukan pula jadwal pertemuan selanjutnya sesuai kesepakatan. SY/CHE