Persiapkan Peternak Ayam KUB, BPTP Kalteng Gelar Bimtek Skala rumah tangga di Bartim

udin abay | Kamis, 15 Agustus 2019 , 22:40:00 WIB

Swadayaonline.com - Dalam upaya meningkatkan pengetahuan peternak tentang ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB), BPTP Kalimantan Tengah melaksanakan bimbingan teknis budidaya ayam KUB skala rumah tangga di BPP Ampah Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur (13/08/2019). Bimtek ini merupakan tahap awal pengembangan ayam KUB berbasis rumah tangga yang di laksanakan di Kab. Barito Timur.

Sebagai tuan rumah, Kabid Peternakan mewakili Kepala Dinas Pertanian Kab. Barito Timur membuka acara Bimtek. Acara ini di hadiri oleh koordinator BPP se-kabupaten Barito Timur, penyuluh pendamping dan penyuluh yang ada di Kabupaten Barito Timur, Tim BPTP Kalimantan Tengah serta peternak penerima bantuan dari 4 desa yaitu desa Mangkarap, Putut Tawuluh, Rodok dan Ampah II.

Adapun tujuan dilaksanakannya bimtek ini adalah untuk membekali peternak penerima bantuan ayam KUB dengan pengetahuan mengenai pemeliharaan ayam KUB oleh BPTP Kalteng.

Anton, dokter hewan Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur menyambut baik dan menyampaikan ucapan terimakasihnya atas bantuan ayam KUB ini. Ia memaparkan bahwa program ini juga disinergiskan dengan program pencegahan stunting yang saat ini dilaksanakan oleh Dinas Pertanian yang bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan protein hewani. Sambutan baiknya dengan terlaksananya bimtek ini  peternak akan siap dan mengetahui cara budidaya  ayam KUB yang baik dan benar saat menerima bantuan ayam KUB. Harapannya kemudian, peternak nantinya dapat  mengembangkan ayam KUB ini secara mandiri. Ia berharap peternak dapat dengan serius dan sungguh-sungguh dalam pengembangan ayam KUB.

"Jika program ini berhasil pasti akan ada program lanjutan yang dapat membantu peternak mengembangkan ayam KUB dalam skala yang lebih besar", ujarnya.

Ia sangat mengharapkan dukungan penyuluh di lapangan untuk melakukan pendampingan ke peternak sehingga program ini dapat berhasil dan nantinya bisa menjadi pusat pengembangan ayam KUB di kalimantan Tengah.

Umming sente, penyuluh BPTP Kalteng menyampaikan program ini di tahun 2018 sudah dilaksanakan di dua kabupaten yang ada di Kalimantan Tengah yaitu di Kabupaten Pulang Pisau dan Kotawaringin Barat. Di tahun  2019 ini, program akan dilaksanakan di Kabupaten Barito Timur, dengan pertimbangan bahwa BPTP ingin mengembangkan ayam KUB secara lebih luas dan menyebar merata di seluruh wilayah di Kalimantan Tengah. 

"Di Bartim ini saya berharap besar agar program ini dapat berkembang dengan baik dan dapat membantu peningkatan pendapatan peternak sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan petani di Bartim", jelasnya. SY/HSDM