Program Magang Petani Muda di Taiwan

udin abay | Senin, 19 Agustus 2019 , 18:01:00 WIB

Swadayaonline.com - Senin (19/08/2019), setelah Pembukaan Pelatihan Pembekalan bagi Magang Taiwan, peserta memperoleh materi tentang Program Magang Petani Muda di Taiwan. Materi disampaikan oleh Siti Karimatun, Kepala Sub Bagian Kerjasama, Pusat Pelatihan Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian. 

“Kegiatan Magang ke Taiwan ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada para petani muda Indonesia, untuk memperdalam dan memperkuat keterampilan dan kompetensi yang ditentukan melalui bekerja dan belajar di keluarga petani Taiwan atau perusahaan”, ujar Siti. Lebih lanjut dijelaskan, “diharapkan petani muda Indonesia dengan magang ke Taiwan akan memiliki peluang menjalin jejaring kerjasama dengan petani Taiwan agar dapat memperoleh manfaat dari pembelajaran dan praktik mereka dalam mempromosikan sektor pertanian”.

Dijelaskan pula tentang tugas dan tanggung jawab masing-masing pihak baik itu dari pihak Taipei Economic Trade Office (TETO), pihak  BPPSDMP Kementerian Pertanian, dan peserta selama magang. Peserta tidak boleh menerima pekerjaan lain diluar yang telah disepakati dalam perjanjian magang, tidak boleh membawa keluarga, dokumen administratif lengkap, membuat laporan hasil magang, dan kembali ke Indonesia siap untuk mendiseminasikan pengalamannya selama di Taiwan kepada rekan dan masyarakat luas. SY/CHE