Good Agricultural Practices Hortikultura untuk Keamanan Pangan

udin abay | Rabu, 21 Agustus 2019 , 17:20:00 WIB

Swadayaonline.com - Rabu (21/08/2019), 54 orang peserta Pelatihan Pembekalan bagi Magang ke Taiwan memperoleh materi tentang Good Agricultural Practices (GAP) Hortikultura.

Materi disampaikan oleh Salah seorang Widyaiswara Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang Spesialisasi Budidaya, Elvina Herdiani. 

“Good Agricultural Practices (GAP) berarti kita tidak hanya memperhatikan kualitas produk kita, namun juga dampaknya bagi lingkungan sekitar”, jelas Elvina diawal penjelasannya .

Dijelaskan pula tentang harapannya bila GAP diterapkan maka produktivitas tanaman akan tinggi, mutu dan kualitas produk bagus, keuntungan bagi petani akan maksimal, ramah lingkungan, dan memperbaiki produksi sehingga pertanian dapat berkelanjutan.

“Ada 3 jenis bahaya keamanan pangan, yaitu bahaya kimia, biologis, dan fisik. Semuanya harus kita perhatikan agar menyehatkan konsumen dan meningkatkan pendapatan petani”, kata Elvina kembali.

Tujuan GAP adalah meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman, meningkatkan mutu hasil dan keamanan pangan bagi konsumen, meningkatkan efisiensi produksi, memperbaiki efisiensi penggunaan SDM, dan meningkatkan daya saing untuk ekspor. SY/CHE