Koordinasi dan Kolaborasi Untuk Memenuhi Target Tanam Padi di Kabupaten Kubu Raya

udin abay | Rabu, 21 Agustus 2019 , 21:47:00 WIB

Swadayaonline.com - Kepala Pusat Pelatihan Pertanian selaku Penanggungjawab Upaya Khusus (Upsus) Padi Jagung Kedele di Kabupaten Kubu Raya, Bustanul Arifin Caya bersama Kepala Bidang Tanaman Pangan Kabupaten Kubu Raya, Kepala Bidang Penyuluhan Provinsi Kalimantan Barat, Koordinator Penyuluh Kecamatan Sungai Kakap dan Babinsa melakukan tinjauan lokasi pertanaman padi di Desa Pal Sembilan, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, pada Rabu (21/08/19). 
Dalam tinjauannya setelah memberikan arahan pada Rapat Koordinasi Upsus Pajale untuk Kabupaten Kubu Raya dan Mempawah, Bustanul mengatakan perlu ada koordinasi dan kolaborasi  dalam mendorong percepatan tanam di wilayah Kabupaten Kubu Raya, khususnya di Kecamatan Sungai Kakap. Dengan potensi lahan baku sawah di Sungai Kakap seluas 13 ribu hektar maka itu bisa membantu Kabupaten Kubu Raya untuk memenuhi target luas tanamnya,: ujar Bustanul.
“Permasalahan yang ada seperti masuknya air laut ke aliran sungai bisa diatasi dengan perbaikan pintu jaringan irigasi yang sudah setahun ini rusak. Diperlukan koordinasi yang intens antar semua sektor yang terlibat untuk mengatasai permasalahan yang ada.  Permasalahan lainnya seperti ketersedian benih, akan di kami dorong untuk segera dikirimkan sesuai CPCL yang telah diusulkan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Kubu Raya, sehingga percepatan tanam dapat dilakukan:” lanjut Bustanul.
Dalam kesempatan yang sama Ketua Kelompok Tani (Poktan) Mekar Jaya, Idrus menyampaikan bahwa petani siap untuk melakukan percepatan tanam, hal itu dibuktikan dimana saat ini sedang dilakukan pengolahan lahan dengan traktor roda 2, yang dilakukan sepanjang hari bahkan sampai malam hari. Solusi mengatasi langkanya air dilakukan dengan mengambil air sungai yang berasal dari hulu yang belum tercampur dengan air laut dengan pompa dan pipaninasi. Selanjutnya Idrus menyampaikan komitmen para petani di wilayahnya untuk terus berupaya melakukan percepatan tanam padi untuk memenuhi target yang telah ditetapkan. “Insha Allah sampai dengan bulan September, semua potensi lahan sawah yang ada akan tertanami padi,” ujar Idrus. SY/OKKY