Kementan Upayakan Pencapaian Produksi Padi Provinsi Kalimantan Barat 2019

udin abay | Rabu, 21 Agustus 2019 , 22:39:00 WIB

Swadayaonline.com - Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Kementerian Pertanian  melalui Pusat Pelatihan Pertanian, melaksanakan Rapat Koordinasi Upaya Khusus (UPSUS) Padi, Jagung dan Kedelai wilayah Kabupaten Kubu Raya dan Kabupaten Mempawah di Hotel Mercure pada hari rabu (21/08/2019). Hadir dalam rapat tersebut Kepala Pusat Pelatihan Pertanian selaku Penanggung Jawab UPSUS Kabupaten Kubu Raya dan Mempawah,  Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalbar, Perwakilan Dinas Pertanian Kabupaten Kubu Raya dan Kabupaten Mempawah, Kepala BPS Kabupaten Kubu Raya dan Mempawah, Kasdim Kabupaten Kubu Raya dan Mempawah, BPTP Provinsi Kalbar, serta Korluh Kecamatan se-Kabupaten Kubu Raya dan Mempawah.
Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pertanian TPH Provinsi Kalbar Heronimus Hero, menyampaikan bahwa sesuai arahan Gubernur pada Rakor UPSUS Tingkat Provinsi, kita harus mendukung pencapaian produksi 2019 melalui fokus penambahan luas tambah tanam padi dan sinkronisasi data statistik pertanian. Menjadi tugas kita Bersama, bagaimana mendorong potensi pertanam yang ada di Provinsi Kalimantan Barat ini khususnya Kabupaten Kubu Raya dan Kabupaten Mempawah. Selanjutnya Kadistan TPH Provinsi Kalbar menyampaikan perlu adanya komitmen bersama antar semua pihak dalam upaya memenuhi target tanam. Kepada penyuluh selaku panglima di lapangan diminta untuk terus semangat dalam mengidentifikasi potensi lahan serta mendorong, mengatasi permasalahan, serta mendorong petani untuk melakukan percepatan tanam, ujar Heronimus Hero.
Selanjutnya Kepala Pusat Pelatihan Pertanian Bustanul Arifin Caya, memberikan arahan sejalan dengan sambutan Kepala Dinas Pertanian TPH Provinsi Kalbar, dimana Kalbar khususnya Kabupaten Kubu Raya dan Mempawah memiliki potensi lahan untuk mendukung luas tambah tanam, sehingga  perlu didorong agar potensi yang ada mampu mencapai luas tambah tanam seperti yang diharapkan agar target produksi tahun 2019 dapat tercapai. Langkah-langkah yang ditempuh antara lain mengupayakan  percepatan penyaluran benih padi lahan kering, penyaluran pupuk dan koordinasi semua pihak.
"Kami berharap target-target tanam yang telah ditetapkan untuk Kabupaten Kubu Raya dan Mempawah sampai bulan September dapat tercapai, karena capaian tersebut menyebabkan keamanan pangan kita terjamin sampai dengan akhir tahun" ujar Bustanul. SY/OKKY