Lomba Menggambar Meriahkan Hari Pangan Sedunia

udin abay | Jum'at, 20 Oktober 2017 , 18:19:00 WIB

Swadayaonline.com - Bersamaan dengan momentum HPS 37/2017, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian menggelar Lomba Menggambar di Makodam XII/Tanjungpura Kalimantan Barat. (20/10/2017)

Lomba menggambar  pelajar SMP se-kabupaten Kuburaya dan sekitarnya ini antara lain bertujuan untuk memperkenalkan kepada anak-anak agar mengenal dan mencintai dunia pertanian. 

Lomba menggambar difasilitasi dari BKP Kementan. "Semua perlengkapan lomba ini kami siapkan, sehingga ada keseragaman. Peserta tinggal fokus mengambar," kata Woro dari BKP, sambil membagikan peralatan menggambar.  

Tema Lomba  adalah : "Manfaatkan lahan pekarangan untuk mendukung diversifikasi dengan pangan lokal dan  pemenuhan kebutuhan pangan keluarga"

Hasil karya menggambarkan tentang pemanfaatan sumber pangan lokal sebagai sumber pangan pokok alternatif pengganti beras di lahan pekarangan, yang dapat mendorong masyarakat terutama anak-anak penerus bangsa untuk mengkonsumsi pangan lokal yang terdapat di sekitarnya, sesuai dengan kearifan lokal dan budaya setempat.

Kegiatan ini sangat strategis untuk mengedukasi generasi muda agar mengenal dunia pertanian umumnya, khususnya  pangan alternatif substitusi beras sesuai budaya lokal,  dalam bentuk visual yang dikreasikan dalam bentuk gambar.

Diharapkan masyarakat terutama anak-anak dan remaja sadar akan pentingnya sektor pertanian, sehingga dapat memanfaatkan pangan yang ada untuk mencukupi kebutuhan pangan kekuarga, bahkan  mengatasi masalah pangan di Indonesia.

Kepala Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Tri Agustin Satriani dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya mensosialisasikan kepada anak anak sekolah mengenal aneka ragam pangan beragam bergizi seimbang dan aman (B2SA) dari sumber pekarangan sendiri. 

"Anak anak sekolah sedini mungkin perlu  dikenalkan pola konsumsi B2SA dengan meningkatkan konsumsi sayur dan buah untuk meningkatkan kebutuhan gizi agar dapat hidup aktif sehat dan produktif" ujarnya. 

Salah satu peserta lomba dari SMP Alfiyah School Kubu Raya Sakura Marhabani mengungkapkan bahwa  lomba ini menambah wawasannya tentang aneka ragam pangan lokal yang ada di sekitarnya melalui pemanfaatan pekarangan dengan menanam aneka tanaman.

"Saya jadi tau apa saja yg bisa ditanami di pekarangan rumah dan bisa dijadikan aneka panganan." ujar nya.

Dewan juri menetapkan 6 pemenang yaitu Juara Harapan 3 Novira Alma Safitri SMP 1 Sungai Raya, Juara Harapan 2 Pawestri Prava Dzalika SMP 1 Sungai Raya, Juara Harapan 1 Alvi Mufida SMP Al fityah, Juara 3 Priska Ananda Marcelo SMP Santa Monica,  Juara 2 Sakura Marhabani Rahma SMP Al Fityan dan Juara 1 Imam Jumaidi SMP 1 Sungai Raya. SY/HMS