Pameran Ildex 2017, Peluang Bisnis Peternakan Nasional

udin abay | Rabu, 18 Oktober 2017 , 15:47:00 WIB

Swadayaonline - Pameran Ildex Indonesia 2017 di JI Expo Kemayoran kali ini diselenggarakan lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya. Pameran yang menyajikan teknologi baru dan variasi dengan kualitas terbaik, peluang kesempatan berbisnis, serta kualitas dan kuantitas pelaku pasar lokal dan luar negeri.

Ildex Indonesia 2017 edisi ke 3 dari Internasional Livestock Dairy Meat Processing and Aquaculture Exposition hari ini dibuka oleh Direktur Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan Ir. Fini Murfiani Msi, mewakili Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian  I Ketut Diarmita, di Kemayoran Jiexpo Jakarta. (18/10/2017).

Ir Fini Murfiani MSi Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan Kementerian Pertanian, mengatakan, “Ildex Indonesia 2017 merupakan ajang bertemunya semua stakeholder peternakan baik nasional maupun internasional untuk melakukan transaksi bisnis dan berbagi informasi serta berbagi teknologi yang termutakhir khususnya dalam industri peternakan,” katanya saat memberikan kata sambutan opening pameran Ildex Indonesia 2017.

“Melalui pameran Ildex 2017 ini diharapkan mendapatkan wawasan dibidang peternakan baik industri, kesehatan hewan, pengolahan pakan ternak, pengolahan hasil peternakan, proses makanan hasil ternak dan logistik peternakan sesuai dengan teknologi peternakan,” ujarnya.

Kita mengharapkan melalui acara ini menjadi tempat bagi kita untuk bersinergi antara seluruh stake holder, pemerintah dan pengusaha, selain itu diharapkan nantinya ada sinergitas antara perusahaan yang besar dan menengah bersinergi, bermitra dan saling menguntungkan bahkan saling menghargai didalam menjalankan bisnis peternakannya.

“Hal ini akan mempercepat terwujudnya korporasi peternakan, transfer teknologi dan juga dukungan -dukungan kelembagaan yang baik untuk peternakan,” sebut Fini. Pameran ini diharapkan pula dapat menjadi wahana penyadaran masyarakat akan pentingnya konsumsi makanan yang sehat khususnya protein asal hewani.

“Kami sangat mengharapkan dengan tingkat konsumsi di Indonesia yang masih relatif kecil untuk produk- produk protein asal ternak, diajang seperti ini dapat lebih lagi menggiatkan promosi agar masyarakat diminta untuk mengkonsumsi makanan produk pangan asal ternak khususnya, seperti ayam, telur, dan susu yang sudah tidak diragukan lagi dapat meningkatkan kecerdasan,” harapnya, “Agar nantinya kita memiliki investasi SDM yang berkualitas,”.

Pameran ini menggunakan 9360 m2 atau 2 hall Jiexpo dan menampilkan 230 peserta pameran dari 34 negara, 2 paviliun internasional dari China (24 perusahaan) dan Korea Selatan (6 perusahaan dan paviliun spesial baru dari Korea Agency of Education Promotion and Information Service in Food, Agriculture, Foresty and Fishberies).

Nino Gruettke, Managing Director, VNU Exhibition Asia Pasifik Co.Ltd mengatakan, “Terlihat ada perkembangan besar di Ildex Indonesia tahun ini, dalam hal ukuran dan jumlah pengunjung, jumlah peserta pemeran mengalami peningkatan sebanyak 48% dibandingkan tahun sebelumnya,” jelasnya.

“Selain itu ruang pemeran berhasil terjual 100% dengan beberapa perusahaan memperbesar area pameran mereka sebanyak 50%, banyak perusahaan baru yang juga ikut meramaikan Ildex Indonesia 2017 ini,” sebut Nino. Menurutnya, Akan ada 230 perusahaan terbaik untuk berinteraksi dengan 200 pembeli potensial yang diundang dari berbagai negara, Ditargetkan 8000 pengunjung akan hadir pada dipameran ini

Ildex Indonesia 2017 memamerkan tiga zona industri yang meliputi Pakan dan Kesehatan Hewan, Pakan dan Peralatan Peternakan, serta Genetik, Pengolahan dan Pengembangbiakan.Hal ini menggerakkan inovasi dan memungkinkan pembeli dan penjual untuk bertemu dengan mudah dalam rangka mengembangkan bisnis bersama.

Banyak acara industri yang dilaksanakan saat pameran, sehingga menghasilkan pertemuan yang sukses, business matching, pertukaran informasi, koneksi, dan peluang bisnis bagi peserta dan Industri unggas, hewan besar, peternakan dan akuakultur. SY