Pusdiktan Revitalisasi Sekolah Vokasi Indonesia di Bidang Kompetensi Kopi

udin abay | Rabu, 28 Agustus 2019 , 10:10:00 WIB

Swadayaonline.com - Dalam rangka meningkatkaan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), peran industri dalam pengembangan Pendidikan dan pelatihan vokasi di Indonesia ke depan menjadi fokus pemerintah. 

Berkenaan dengan hal tersebut, PT Revitalisasi Kota Tua melakukan kerjasama dengan KT & G Korea untuk membangun pelatihan kopi dan akan mendukung program pilot project Revitalisasi SMK dan BLK kerjasama dengan pemerintah daerah untuk kompetensi kopi. 

Turut hadir Kepala Pusat Pendidikan Pertanian Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Idha Widi Arsanti dalam audiensi kerjasama pengembangan kompetensi kopi tersebut. 

"Pusat Pendidikan Pertanian memiliki Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) siap mendukung kerjasama ini melalui penyediaan resource calon trainer di bidang pengembangan kompetensi kopi", ujar Idha. 

Tindak lanjut nyata dalam kerjasama ini akan dilaksanakan TMOT (Training Master of Trainer) pada bulan Nopember 2018 dengan mengikutsertakan dosen Polbangtan di bidang kompetensi kopi yang akan dilatih instruktur dari Korea secara langsung. 

Lulusan TMOT terbaik akan mendapatkan sertifikat internasional di bidang pelatihan kompetensi kopi. Harapannya para master trainer akan menjadi trainer pada Training of Trainer (TOT) bagi guru-guru SMK, mahasiswa, penyuluh dan petani.  SY/LTU