Sayuran P4S Agri Lembang Tembus Pasar Ekspor

udin abay | Kamis, 29 Agustus 2019 , 18:34:00 WIB

Swadayaonline.com - Pusat Pelatihan PertanianPerdesaan dan Swadaya (P4S) Lembang Agri telah mendukung program pemerintah untuk ekspor komoditas pertanian khususnya hortikultura.  Ketua P4S Dodih menuturkan" Kami P4S Lembang Agri kalau dirata ratakan dari tahun 2010 sampai 2019 produksi buncis 500-1ton perhari untuk kebutuhan ekspor ke Singapura, sedangkan Kacang kenyanya rata2 200kg/hari."

P4S Lembang Agri yang berdiri pada tanggal 28 Oktober 2010 di Desa Cikidang Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. P4S ini memiliki visi menjadi P4S model dan modern tingkat nasional, serta Menjadi lembaga pelatihan dan pemagangan profesional yang dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap petani dalam berusaha tani.

P4S Lembang Agri sangat aktif dalam memberikan pelatihan dan/atau permagangan bagi petani maupun pihak berkepentingan lainnya yang memerlukan jasa.
Usahatani P4S fokus pada komoditas sayuran (hortikultura), sehingga pelatihan atau permagangan yang ditawarkan adalah pelatihan komoditas hortikultura terutama sayuran seperti  Pelatihan Budidaya Cabe, Pelatihan Budidaya Tomat, Budidaya Buncis, Budidaya Baby Buncis, Budidaya Brokoli, Managemen Usaha Tani, Olahan Sayuran, Budidaya Sistem Hidroponik, Pembuatan Pupuk Organik, Pembuatan Pestisida Organik, dàn Penguatan Kelembagaan Tani.  

Kepala Pusat Pelatihan Pertanian Ir. Bustanul Arifin Caya M.D.M berpesan prestasi yang telah dicapai P4S Lembang Agri dalam mengekpor komoditas pertanian ini hendaknya  dipertahankan, dan kesuksesan yang diraih perlu ditularkan ke P4S lainnya supaya lebih bermanfaat dan dapat memotivasi bagi sesama P4S atau petani. SY/OCE