Produk Sayuran 1.800 Petani Alumni Pelatihan OTM Menuju Ekspor

udin abay | Minggu, 08 September 2019 , 13:03:00 WIB

Swadayaonline.com - Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang sebagai UPT Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian dengan Taiwan ICDF melalui Taiwan Technical Mission, telah bekerjasama dalam  pemberdayaan petani mulai tahun 2015. Bentuk kerjasama adalah pelatihan bagi petani di wilayah Kabupaten Bandung Barat dan sebagian Kabupaten Bandung mulai tahun 2017 hingga saat ini 2019, telah melahirkan 1.800 petani yang dilatih tentang budidaya sayuran yang baik dan benar melalui kegiatan Pelatihan Teknis Budidaya Sayuran dengan metode Onsite Training Model (OTM). Bentuk kerjasama lainnya adalah pembangunan sarana dan prasarana di BBPP Lembang, berupa 1 buah Packing House dan 4 buah Green House Modern untuk Pembibitan dan Budidaya dimana satu diantaranya merupakan Green House yang secara otomatis dapat diatur suhu dan ruangnya.

Lembang Agribusiness Incubation Center (LAIC) menjadi pengelola Packing House yang bertugas memasarkan produk sayuran petani alumni pelatihan OTM ke pasar modern dan rintisan ekspor. Dewi Padmisari, salah seorang Widyaiswara BBPP Lembang sekaligus Counterpart, disela aktivitas mendampingi peserta pelatihan OTM yang sedang berkeliling Packing House saat sesi ke-7 pelatihan , Kamis (05/09/2019), menyampaikan, “Petani alumni pelatihan OTM menjadi supplier kami untuk produk sayuran yang mereka budidayakan, sesuai kontrak kerjasama yang telah disepakati oleh Direktur LAIC, petani corefarmer dan disaksikan oleh penyuluh pendamping”, jelasnya. “sayuran ini kami terima di Packing House, lalu kami kemas, dan kami salurkan ke berbagai pasar modern yang telah bekerjasama dengan kami”, ungkap Dewi lagi. 

Pasar Modern yang disupply sayuran oleh LAIC saat ini diantaranya Lottemart, Borma 4 outlet, Hypermart, Transmart Carrefour 6 outlet, Papaya 1 outlet di wilayah Bandung dan Karawang. “Target kami di tahun 2020 kami perluas pemasaran kami di 40 outlet”, jelas Dewi. “Kami juga merintis untuk ekspor, sudah ada beberapa eksportir yang sedang kami jajaki kerjasama”. SY/CHE