Ulus Pirmawan, Petani Lembang yang Sukses Ekspor Sayuran

udin abay | Minggu, 08 September 2019 , 20:20:00 WIB

Swadayaonline.com - Ulus Pirmawan, petani sayuran asal Desa Cibodas Kecamatan Lembang sukses berbisnis sayuran hingga merambah pasar ekspor. Ulus juga menjadi pengelola P4S Wargi Panggupay yang merupakan P4S binaan Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang dan juga menjadi salah satu alumni Pelatihan Teknis Agribisnis Sayuran dan tergabung di Angkatan 52, kerjasama pelatihan antara BBPP Lembang dan Taiwan Technical Mission.

Ditemui disela-sela aktivitas rutin yang dilakukannya setiap hari, disampaikan oleh Ulus tentang rintisan bisnis sayurannya yang sukses hingga bisa ekspor. “Saat ini kami sudah ekspor ke Singapura dan Dubai melalui supplier. Sayuran yang kami ekspor adalah baby buncis sebanyak 500kg yang kami supply 1 minggu 2 kali. Sedangkan buncis besar juga kami supply 1 ton sekali kirim sebanyak 3-4 kali dalam seminggunya”, jelas Ulus. 

Selain pemasaran sayuran dengan ekspor, Ulus juga menjual sayurannya ke pasar domestik dengan jenis sayuran seperti brokoli, cabai rawit, cabai besar, selada air, kol baik itu ke Sayur Box, juga ke Toko Tani Indonesia serta Pasar Tani di Kantor Kementerian Pertanian. SY/CHE