Pusdiktan Lakukan Penguatan Kelembagaan Melalui Penandatanganan PKS Dengan UGM

udin abay | Selasa, 10 September 2019 , 18:58:00 WIB

Swadayaonline.com - Yogyakarta, 10/09/2019, Penguatan kelembagaan sangat penting dilakukan dalam rangka pengembangan kelembagaan menjadi institusi yang lebih kuat dan besar. Pusdiktan memperkuat dan memperluas jejaring kerja sama melalui penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam hal Sinergitas Penyelenggaraan Politeknik Lingkup Kementerian Pertanian. Harapannya, PKS ini mampu mendukung penyelenggaraan pendidikan politeknik lingkup Kementerian Pertanian menuju Word Class Polytechnic. Ruang lingkup kerja sama ini meliputi : Penguatan tenaga pendidik dan kependidikan; Sarana dan prasarana penyelenggaraan pendidikan; Pengembangan kurikulum pendidikan vokasi; dan Penelitian terpadu serta pengabdian kepada masyarakat. 

FTP UGM akan memberikan support melalui transfer knowledge kepada sekolah vokasi pertanian khususnya PEPI melalui pengiriman tenaga kependidikan dan membuka program science terapan untuk program S2 dan S3, ujar Eni Harmayani, Dekan FTP UGM. Selain itu Eni Harmayani juga menyampaikan dukungannya terhadap Nasional Symposia dengan menyediakan reviewer dan bantuan publikasi untuk selected paper. Prof Sigit dan Prof Lilik menambahkan perlunya kolaborasi yang intensif antara PEPI, BB Mektan, FTP UGM untuk menjadikan PEPI sebuah Pusat Pengembangan SDM Mekanisasi Pertanian melalui pembuatan buku putih (naskah akademik) dalam rangka menyongsong era pertanian 4.0 dan mekanisasi 4.0.

Senada dengan hal tersebut, Idha Widi Arsanti, Kapusdiktan menyampaikan perlunya kerjasama antara PEPI dengan dunia industri yang bergerak di bidang engineering untuk mendukung PEPI menjadi Pusat Pengembangan SDM Mekanisasi Pertanian. ​SY/ ARA/SS