Karyawan PT SAN Berlatih Budidaya Jagung di BBPP Ketindan

udin abay | Selasa, 24 September 2019 , 07:19:00 WIB

Swadayaonline.com - Direktur PT Seger Agro Nusantara (SAN), Andrianto Leksono Widodo mempercayakan sejumlah karyawannya untuk berlatih di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan. Selama seminggu kedepan 7 karyawan pilihan ini akan berlatih di BBPP Ketindan tentang budidaya jagung dan metode penyuluhan. 

Andrianto menyatakan bahwa 7 orang terpilih ini berasal dari beberapa daerah yang terseleksi dari 7 ribu orang karyawannya.  Mereka tidak hanya pintar,  tetapi juga punya hati untuk melayani dan mendampingi petani yang sering terpinggirkan. 

Tentu saja hal ini sangat mendasari keinginan PT SAN yang fokus pada komoditas jagung, padi dan kedelai dan sungguh-sungguh untuk mendampingi petani. Ketujuh orang peserta berasal dari Cilegon, Lampung, Kendari, Malang,  Medan dan Lombok. 

Upaya peningkatan produksi tanaman pangan untuk mempertahankan swasembadan pangan juga menjadi dasar untuk pelaku agribisnis seperti PT SAN, sehingga peningkatan kompetensi SDM dari PT SAN juga harus ditingkatkan demi kesungguhan mereka dalam melayani dan mendampingi petani. Selain budidaya jagung, ketujuh karyawan PT SAN juga akan mempelajari metode penyuluhan dimana teknik penyampaian materi penyuluhan oleh komunikator kepada komunikan baik secara langsung maupun tidak langsung agar mereka tahu dan mampu menerapkan inovasi (teknologi baru) khususnya teknis budidaya tanaman jagung. Dimana perbaikan mutu benih, pemupukan berimbang, pengendalian OPT, pengairan dan pemanfaatan alsintan serta panen dan pasca panen sangat penting untuk dipelajari dan diterapkan kepada petani diwilayah masing-masing. 

Kepala BBPP Ketindan, Sumardi Noor berharap melalui pelatihan ini, semua peserta bisa menyerap dan mengaplikasikan ilmunya kepada petani secara sungguh-sungguh. SY/YNI