Uji Rasa Hasil Olahan Bekal Wirausaha Siswa SMK

udin abay | Jum'at, 27 September 2019 , 14:49:00 WIB

Swadayaonline.com - Sejumlah siswa SMKN 1 Tulungagung dan SMKN 1 Purwosari Pasuruan yang melaksanakan magang di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan mendapatkan pembekalan ilmu agribisnis. Materi yang mereka dapatkan antara lain dapat menganalisa usaha tani produk olahan yang mereka buat atas bimbingan widyaiswara serta petugas laboratorium pengolahan hasil pertanian, dan selain itu seluruh siswa juga diberikan pembelajaran untuk bisa memasarkan produk yang telah mereka buat. 

Beberapa produk olahan yang telah dianalisa usahantaninya kemudian dijual kepada pegawai di BBPP Ketindan sebagai responden sekaligus mereka meminta testimoni terkait rasa, warna, tekstur dan aroma serta harga. Seperti pada stik dari tepung jagung dan donat dari tepung labu kuning. 

Adanya testimoni atau uji rasa dari beberapa responden agar bisa diketahui kekurangannya sehingga siswa magang bisa memperbaiki kualitas dan mutu dari produk olahan yang mereka buat. Hal ini memacu semangat siswa untuk bisa membuat olahan lainnya dan bisa mereka aplikasikan kedepan sebagai pengembangan usaha pasca panen baik disekolahnya maupun untuk usaha pribadi mereka. SY/YNI