Petani Jeruk Dalami Praktik Pembuatan Pesnab dan Olahan Jeruk

udin abay | Sabtu, 05 Oktober 2019 , 20:12:00 WIB

Swadayaonline.com - 90 orang petani peserta pelatihan agribisnis tanaman jeruk dari Kabupaten Blitar melaksanakan praktik lapang ke Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan. Praktik lapang ini sebagai implementasi dari pelatihan yang telah diikuti oleh petani sebelumnya yang dilaksanakan di Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Blitar. 

Pendalaman materi berupa praktik lapang lebih dititik beratkan pada pengendalian hama dan penyakit pada tanaman jeruk serta olahan hasil jeruk. Diterima secara langsung oleh Kepala Balai, Ir. Sumardi Noor, M.Si yang didampingi oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelatihan, Dra. Astutiningsih, Kepala Seksi Program dan Kerjasama, Musdalipah, SP, MP dan dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Blitar dihadiri oleh Koordinator Jabatan Fungsional serta penyuluh setempat.

Kepala Balai menyambut baik pendalaman materi ke BBPP Ketindan. Sebagai tindak lanjut, Kepala Balai berharap ilmu yang didapat bisa diimplementasikan dengan baik agar kedepan pertanian semakin maju dan petani jeruk semakin sejahtera. 

Lina Novi Ariani, MP sebagai widyaiswara dari departemen pengolahan hasil membimbing peserta untuk bisa berbagi menjadi dua kelompok yang saling bergantian untuk praktik pembuatan pestisida nabati (pesnab) serta pengolahan hasil jeruk. Setelah berbagi kelompok, peserta berlanjut melaksanakan praktik di masing-masing laboratorium. 

Kepala Balai juga meninjau langsung ke laboratorium untuk melihat aktivitas peserta secara langsung dalam pembuatan pesnab dan pegolahan hasil jeruk. Hal ini semakin menambah kebahagiaan peserta yang merasa diterima dan diperhatikan oleh petinggi di BBPP Ketindan. SY/YNI