VUB Pala Tiangau Agribun, Siap Dukung Pemerintah Kembalikan Kejayaan Rempah Indonesia

udin abay | Selasa, 22 Oktober 2019 , 12:50:00 WIB

Swadayaonline.com - Indonesia telah dikenal sebagai penghasil tanaman rempah sejak dahulu.  Hal inilah yang menjadi daya Tarik bangsa Portugis, Belanda, Inggris, untuk datang ke Indonesia.   Tanaman pala, lada, cengkeh, kayumanis, dll menjadi komoditas dagang penting di perdagangan dunia, dan Indonesia merupakan salah satu pemasok terbesarnya.  Pemerintah, melalui Kementerian Pertanian mencanangkan program BUN500 yaitu penyediaan benih bermutu perkebunan 500 juta batang dalam rangka mengembalikan kejayaan rempah Indonesia. 

Dalam upaya penyediaan benih perkebunan bermutu tersebut, pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas bekerjasama dengan Balittro dan Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan  Medan mengajukan pelepasan varietas unggul pala baru yang berhasil lulus pada Sidang Tim Penilai Varietas (TPV) tanaman perkebunan tahap ke-dua tahun 2019 dilaksanakan pada tanggal 16 – 18 Oktober 2019 di Hotel Novotel, Solo.   Varietas unggul baru pala tersebut diberi nama Tiangau Agribun asal dari Kepulauan Anambas. 

Menurut Nurliani Bermawie, peneliti Balittro, keunggulan varietas pala Tiangau Agribun adalah produksi tinggi dengan jumlah buah per tahun rata rata 11 064 ± 3138 atau lebih tinggi dari varietas unggul yang telah dilepas sebelumnya. Panen buah hampir merata sepanjang tahun sehingga dapat memberikan pendapatan bulanan kepada petani. “Keunggulan lainnya adalah  kadar minyak atsiri tinggi (biji muda) 13,12 ± 3,10 % serta kadar myristisin sangat tinggi 37,38 ± 10,01 %. Nilai ini jauh lebih tinggi dari dua varietas tipe banda lainnya yang sudah dilepas”, urainya. Lebih lanjut Nurliani menjelaskan bahwa Pala Tiangau Agribun ini juga memiliki kadar methyl eugenol sangat rendah 0,45 ± 0,18%. Dari fisik tanaman, pohon pala ini memiliki pertumbuhan meninggi yang lambat dengan  percabangan yang rendah sehingga mudah untuk  dipanen serta memiliki tingkat keseragaman tinggi.

Efi Sjuhairi, Kepala Dinas Perikanan Pertanian dan Pangan Kabupaten Kepulauan Anambas sangat  bersyukur atas disetujuinya  usulan pelepasan varietas unggul pala Tiangau Agribun ini. “Dengan adanya varietas unggul baru, ketersediaan benih bermutu untuk pengembangan pala di Indonesia lebih terjamin”, ucapnya.  Selanjutnya ia mengapresiasi para petani pemilik kebun yang telah sangat kooperatif memberi informasi, dan bahan tanaman dalam rangka penyediaan benih unggul.

Sementara itu, Kepala Puslitbangbun Ir. Syafaruddin, PhD yang juga Wakil Ketua TPV Perkebunan berharap dengan dilepasnya varietas unggul baru pala Tiangau Agribun, dapat memenuhi ketersediaan benih bermutu dalam rangka mendukung pengembangan dan rehabilitasi pala di Indonesia. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas kinerja mempersiapkan calon-calon varietas bekerjasama dengan mitra Pemda. 
“Semua varietas yang disetujui dilepas diwajibkan untuk dibangun kebun induk sebagai sumber benih dalam rangka penyediaan benih untuk mendukung program peremajaan dan perluasan areal perkebunan. Semoga varietas-varietas unggul baru yang telah berhasil dirilis dapat segera dimanfaatkan oleh para stakeholder dalam pengembangan tanaman perkebunan”, urainya. SY/HMSL