Bimtek KSTM Angkatan II Sumenep Bertepatan dengan Hari Santri Nasional

udin abay | Rabu, 23 Oktober 2019 , 07:34:00 WIB

Swadayaonline.com - Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) merangkul generasi milenial bidang pertanian dengan beberapa kegiatan yang akan menggali, mendorong, memotivasi dan menghargai keberadaan generasi milenial. Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan merupakan salah satu UPT dari BPPSDMP mempunyai tanggung jawab pembinaan di tahun 2019 yang memfokuskan diri untuk memotivasi dan membimbing generasi milenialial. 

Salah satu sasaran yang potensial untuk ditumbuhkembangkan minatnya adalah santri yang berada dipondok pesantren. Berdasarkan data dari Kementerian Agama (Februari, 2019) jumlah pesantren di Indonesia sebanyak 25.515 dengan jumlah santri sebanyak 3.598.950 orang. Potensi tersebut mendorong para santri untuk berkontribusi aktif di bidang pertanian dalam rangka mendukung program pembangunan pertanian. Melalui peningkatan kompetensi santri tani milenial diharapkan tergabung dalam Kelompok Santri Tani Milenial (KSTM) sebagai media organisasi pembelajaran dalam dunia pertanian. 

Bertempat di BPP Manding Kabupaten Sumenep, BBPP Ketindan membuka “Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi  dan Penumbuhan Santri Tani Milenial (KSTM) Angkatan ke II. Sekaligus penyerahan bantuan ayam joper kepada 16 KSTM di Sumenep dengan masing-masing anggota per KSTM berjumlah 10 orang, total 160 orang peserta. Bimtek dilaksanakan selama dua hari,  22-23 Oktober 2019. Santri tani milenial yang telah ditunjuk adalah santri yang memiliki minat dibidang pertanian dan adaptif terhadap teknologi digital dan bersedia mengelola kegiatan dibidang pertanian secara bersama-sama.

Bimtek ini dibuka secara resmi oleh Kepala BBPP Ketindan,  Ir.  Sumardi Noor, M.Si Yang sekaligus bertepatan dengan Hari Santri Nasional.  Selain itu acara juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian,Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Sumenep,  Arif Firmanto,  S. TP,  M. Si. Kepala BBPP Ketindan, Sumardi Noor dalam arahannya menyampaikan bahwa kebijakan program ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah untuk meningkatkan kemajuan di bidang pertanian terutama di pondok pesantren. Dan perlu adanya komitmen dalam melaksanakan kegiatan dalam beternak ayam. SY/YNI