Meningkatkan Kompetensi Petani Bogor dalam Pemanfaatan Alsintan melalui Pelatihan

udin abay | Rabu, 23 Oktober 2019 , 08:31:00 WIB

Swadayaonline.com - Petani di Kabupaten Bogor menjadi salah satu penerima manfaat bantuan sosial alat dan mesin pertanian (alsintan) diantaranya traktor roda 2, traktor roda 4, mesin tanam padi, combine harvester, pompa air, mesin perontok padi, mesin penggiling padi, dan mesin pengering padi, yang telah diberikan oleh Kementerian Pertanian kepada Poktan, Gapoktan, UPJA, Brigade, Tanam dan Brigade Panen sepanjang tahun 2014 – 2016. Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang sebagai UPT Kementerian Pertanian dibawah Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian memiliki tugas pokok menyelenggarakan pelatihan pertanian bagi aparatur dan non aparatur pertanian, turut berperan aktif meningkatkan kompetensi petani penerima manfaat dari bantuan sosial melalui kegiatan pelatihan. 

Kabupaten Bogor menjadi salah satu wilayah penerima bantuan alsintan dari Kementerian Pertanian. Karenanya, BBPP Lembang menyelenggarakan Pelatihan Teknis Tematik Pengelolaan Alsintan dan Operator. Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari mulai 15 – 17 Oktober 2019 dan dilaksanakan di BPP Jonggol Kabupaten Bogor dengan peserta sebanyak 30 orang yang merupakan petani Kabupaten Bogor.   

Pembukaan pelatihan, Selasa (15/10/2019) oleh Akhmad, Penyuluh Provinsi Jawa Barat dan dihadiri oleh Kepala Seksi Pelatihan Aparatur BBPP Lembang dan Pejabat Lingkup Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bogor. “Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi petani dalam pengelolaan alsintan yang telah diberikan bantuannya oleh pemerintah”, jelas Akhmad saat memberikan sambutan sesaat sebelum membuka resmi pelatihan. “Saya harap setelah pelatihan ini peserta mahir dalam mengoperasionalkan alsintan sehingga produksi dan produktivitas padi, jagung dan kedelai serta tanaman lainnya meningkat, khususnya di Kabupaten Bogor”, ucap Akhmad. 

Selama proses berlatih, peserta diberikan materi secara klasikal dan langsung praktik di lapangan tentang Pengelolaan Alsintan/UPJA, Pemeliharaan Alsintan, dan Mengoperasionalkan Traktor Roda 2, Traktor Roda 4, dan Combine Harvester. Dalam materi pemeliharaan alsintan, dijelaskan tentang bagian-bagian yang ada di traktor roda 2 dan traktor roda 4 khususnya, dan bagaimana pemeliharaannya. Saat praktik, peserta satu persatu mencoba mengoperasionalkan traktor roda 2 dan 4 di lahan sekitar tempat pelatihan. SY/CHE