Tingkatkan Kualitas Petani Milenial, Balitbangtan Gelar Bimtek

udin abay | Rabu, 23 Oktober 2019 , 12:48:00 WIB

Swadayaonline.com - Dalam rangka mendukung kegiatan petani milenial, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalimantan Timur menyelenggarakan Bimbingan Teknis (bimtek) untuk Petani Milenial di Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, Selasa (22/10/2019).

Dalam bimtek ini, sebanyak 40 petani milenial yang menjadi peserta mendapat materi tentang produksi dan sertifikasi benih.

Kepala Dinas pertanian dan Ketahanan Pangan Kalimantan Utara yang diwakili oleh Kabid Tanaman Pangan, Jefry menyebutkan, petani milenial harus selalu belajar demi kemajuan pertanian.

"Petani milenial merupakan ujung tombak pertanian Indonesia kedepan. Untuk itu petani milenial diharapkan dapat mengedepankan teknologi pertanian dalam usaha taninya agar lebih efisien dan efektif, ujar Jefry.

Adapun materi yang disampaikan pada bimtek ini adalah pengenalan teknologi produksi dan sertifikasi benih oleh Kepala UPTD BSTPH Kalimantan Timur, Erry Erriadi dan Darniati Danial dari BPTP Kalimantan Timur.

Pada kesempatan tersebut disampaikan juga beberapa inovasi yang telah dihasilkan Balitbangtan yang disampaikan oleh Kabid KSPHP BB Biogen, Dr Sustiprijatno.

Setelah mengikuti Bimtek petani milenial ini diharapakan lebih cepat mengadopsi teknologi produksi dan sertifikasi benih yang dapat dikombinasikan dengan penggunaan mekanisasi pertanian baik untuk benih mandiri maupun benih bina bersertifikat. SY/HMSL