Kepala BBP Mektan: Inovasi Teknologi, Tahun 2018 Alsintan Akan Lebih Modern

aa | Selasa, 05 Desember 2017 , 20:48:00 WIB

Swadayaonline.com - Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) Badan Litbang Pertanian, terus melakukan pengembangan inovasi teknologi alat dan mesin pertanian modern guna meningkatkan produktivitas dan produksi, efisiensi dan nilai tambah di tengah keterbatasan tenaga kerja. Pengembangan inovasi teknologi yang terus dikembangkan bukan hanya untuk wilayah normal, tetapi lebih ke spesifikasi wilayah seperti lahan terasering maupun alsintan yang cocok di lahan-lahan wilayah perbatasan.

Kepala BBP Mektan, Andi Nur Alam Syah mengatakan telah melakukan pemetaan mesin-mesin yang cocok digunakan sesuai spesifikasi lahan atau wilayah, sekaligus sebagai dasar peta bantuan alsintan yang akan diberikan pemerintah. “Alsintan yang sesuai spesifikasi wilayah Indonesia, sebenarnya sudah ada semua di BBP Mektan. Hanya beberapa saja yang masih memerlukan pengembangan inovasinya, sehingga lebih maksimal saat digunakan,” ujarnya pada acara rapat pleno komisi pengembangan mekanisasi pertanian. (5/12/2017).

Menurut Andi, aspek pendampingan dan pengawalan harus lebih ditingkatkan baik melalui pelatihan maupun aspek pembinaan. Pelatihan inkubasi mesin pertanian, akan sangat membantu mulai dari pengoperasian, perawatan, membongkar sampai memperbaiki mesin. Sehingga bantuan mesin yang diberikan pemerintah, bisa digunakan lebih maksimal, sehingga mesin tidak mudah rusak.

Tahun 2018, pemerintah melalui Kementerian Pertanian juga akan memfokuskan pengembangan untuk komoditi perkebunan dan hortikultura. Andi menegaskan bahwa BBP Mektan telah menyiapkan inovasi teknologinya dari hulu sampai hilir, baik untuk hortikultura maupun perkebunan. Menurutnya, tahun 2018, pengembangan alsintan untuk budidaya tanaman tahunan seperti kakao dan kopi akan akan disiapkan terutama untuk memperkuat di perbenihan.

Sebenarnya ada jenis alsintan yang bisa digunakan untuk perkebunan dan hortikultura untuk tanaman tahunan seperti jeruk, kelengkeng sama mesinnya seperti mesin sambung pucung, sambung samping. Dan kedepan, nantinya lebih modern lagi yaitu sudah pakai robotik,” tambahnya.

“Tahun 2018, BBP Mektan juga akan melaunching alsintan yang bisa melubang, dimasukin polibag dan nanam sendiri. Tahun depan kawasan pertanian Serpong, juga akan disulap menjadi kota pertanian modern. Hampir semua kmoditas strategis akan dikembangkan di sana seperti demplot, dimana semua pengerjaan pertanian mulai dari penanaman, perawatan dan panen, tidak lagi dilakukan oleh manusia. Semua itu sedang dipersiapkan, sebagai contoh pertanian yang benar-benar modern,” tegas Andi. SY