Antusiasme Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Belajar Singkat Dunia Pertanian

udin abay | Selasa, 12 November 2019 , 07:21:00 WIB

Swadayaonline.com - Sejumlah 140 mahasiswa dan 3 dosen dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakata  melaksanakan kunjungan ke Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan. Diterima oleh Kepala BBPP Ketindan, Ir. Sumardi Noor, M.Si beserta seluruh jajaran eselon III dan IV serta beberapa pejabat fungsional widyaiswara dan pranata humas di BBPP Ketindan. 

Kepala Balai menerima baik keinginan dan harapan dari seluruh mahasiswa yang berasal dari Fakultas Sains dan Teknologi dengan program studi agribisnis. Dimana salah satu dari minat mahasiswa yang magang atau PKL di BBPP Ketindan adalah mahasiswa dari Fakultas Pertanian dengan program perminatan dibidang agrbisnis. Hal lain tentu sangat membanggakan dimana BBPP Ketindan telah mempunyai Landbouw Mart Ketindan yang mengelola agribisnis bidang pemasaran  dari produk-produk olahan, serta produk binaan BBPP Ketindan yang sukses.

Sumardi Noor tentu juga mengharapkan agar semua mahasiswa bisa belajar sebaik mungkin menerima materi yang diberikan oleh fasilitator dan bertanya jika ada hal yang tidak dimengerti. Dengan harapan mahasiswa-mahasiswa yang sekarang hadir menjadi modal utama untuk menjadi milenial baru dalam dunia pertanian yang  salah satu fokus utamanya adalah program membangun petani milenial untuk memperkuat ketahanan pangan. Sementara itu Dewi Rahmawati salah satu dosen pendamping mengatakan, “Mahasiswa akan seoptimal mungkin menerima dan menyerap semua ilmu yang diberikan sehingga akan meningkatkan kompetensi menjadi SDM yang unggul. Dan tidak memungkinkan dimasa yang akan datang mahasiswa-mahasiswa ini akan terjun ke dunia pertaian secara teknis”.

Setelah penyampaian sekilas materi, seluruh mahasiswa menjadi 3 kelompok yang masing-masing mempelajari pengolahan hasil pertanian, proteksi tanaman dan sosial ekonomi. SY/YNI