BBPP Ketindan Lakukan Penyegaran IPDMIP Angkatan III dan IV

udin abay | Kamis, 21 November 2019 , 14:30:00 WIB

Swadayaonline-com - Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan kembali melaksanakan Pelatihan Penyegaran Bagi Penyuluh Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Project (IPDMIP) Angkatan III dan IV tanggal 20 November 2019. Pelatihan yang diikuti oleh 62 orang peserta berasal dari  Provinsi Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), Kalimantan Selatan dan Kalimantan Barat. Keenam puluh peserta adalah penyuluh pertanian yang bertugas disekitar lokasi irigasi terpilih. Dan dibuka secara langsung oleh Kepala BBPP Ketindan, Ir. Sumardi Noor, M.Si, serta dihadiri oleh Kepala Bidang Penyelenggara Pelatihan, Dra. Astutiningsih serta dihadiri oleh sejumlah pejabat struktural dan pejabat fungsional widyaiswara. 

Pelatihan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi para penyuluh dalam transfer informasi dan teknologi pertanian. Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 mengemban tugas terkait irigasi dengan membangun 1 juta hektar irigasi baru dengan merehabilitasi 3 juta hektar irigasi dan membangun 49 waduk baru. Sehingga sejak tahun 2014, Ditjen SDA dengan bantuan dana hibah dari ADB telah menyusun anggaran utnu IPDMIP yang fokus pada peningkatan produktivitas pertanian beririgasi meliputi 1800 daerah irigasi dengan luas lebih kurang 330.000 hektar berlokasi di 16 provinsi dan 74 kabupaten. Program ini diharapkan efektif yang telah dilaksanakan sejak tahun 2016 hingga tahun 2021. 

Sumardi Noor dalam arahannya mengatakan bahwa pelatihan ini harus diseriusi dan diikuti dengan sungguh-sungguh oleh seluruh peserta. Dimana sistem pengairan merupakan salah satu elemen penting dalam menunjang produktivitas dan mutu hasil pertanian. SY/YNI