Dukung Kostratani, Puslatan Siapkan Pelatihan Teknologi Informasi Pertanian

udin abay | Kamis, 21 November 2019 , 14:57:00 WIB

Swadayaonline.com - Dalam rangka mendukung komando strategis pembangunan pertanian, Pusat Pelatihan Pertanian (Puslatan) BPPSDMP menyiapkan kurikulum, bahan ajar, serta petunjuk pelaksanaan pelatihan. Konstratani (Komando Strategis Pembangunan Pertanian) adalah pusat kegiatan pembangunan pertanian tingkat kecamatan, yang merupakan optimalisasi tugas, fungsi dan peran BPP dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional. 

Penyuluh Pertanian sangat berperan untuk pendampingan perkembangan kelembagaan dan jejaring usaha petani menjadi pusat pembelajaran, pusat konsultasi agribisnis, pusat gerakan pemberdayaan petani hingga pusat data dan informasi, dan pusat membangun network. Konstratani harus menjadi center of excellence Pembangunan Pertanian Indonesia  begitu disampaikan oleh Kepala Badan PPSDMP Prof. Dr. Dedi Nursyamsi.  Konstratani menjadi komando strategis pembangunan pertanian dari mulai tingkat kecamatan dengan dukungan kementerian lintas sektoral dari Kemendes PDTT, Kemenkop UKM, KemenPUPR hingga Kominfo yang akan menguatkan dari segi akses internet lanjutnya.

Ir. Bustanul Arifin Caya, M.DM, menyampaikan Pusat Pelatihan Pertanian akan mendukung sepenuhnya dalam peningkatan kompetensi sdm  pertanian guna mensukseskan program Konstratani.  Kita siapkan kurikulum dan materinya, fasilitator pelatihan, serta Pentunjuk Pelaksanaan Pelatihan.

Pelatihan ini diarahkan untuk peningkatan kompetensi dalam penguasaan Teknologi Informasi pertanian. SY/OCE