Geliat UPSUS PAJALE dan Sosialisasi Kostratani di Kabupaten TTS

udin abay | Rabu, 27 November 2019 , 08:58:00 WIB

Swadayaonline.com - Timor Tengah Selatan (TTS) merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi NTT yang terletak di daratan Timor, sekitar 150 km dari Kota Kupang, memiliki kontur dataran tinggi hingga pantai. Meski sebagian wilayahnya berada di dataran tinggi, namun hingga November 2019 belum turun hujan sehingga pertanaman padi belum dapat dilakukan.

Beberapa daerah sedang melaksanakan panen, namun dengan kondisi kekeringan, sehingga produktivitasnya berkisar 4-5 ton/hektar jauh lebih rendah dibandingkan kondisi panen optimum yang bisa mencapai 6-8 ton/hektar. 

Kepala Pusat Pendidikan Pertanian (Kapusdiktan) Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Dr. Idha Widi Arsanti, beserta tim melakukan kunjungan ke Kabupaten TTS, diawali dengan kunjungan ke BPP Amanuba Selatan dan dilanjutkan dengan panen padi bersama aparat Pemda. (24/11/2019)

Kepala Dinas Pertanian, Otnial, SP. MSi, beserta penyuluh mengatakan kesediaan dan kesiapannya untuk melaksanakan program Komando Strategi Pembangunan Pertanian (Kostratani) yang bedampak pada pemenuhan kebutuhan pangan dan kesejahteraan petani. 

Panen padi bersama Kapusdiktan dilaksanakan di areal persawahan Amanuba Selatan, seluas 3.615 hektar. bersama dengan Kadistan TTS, Penyuluh, Bapionsa, Camat, Kepala Desa, serta kelompok tani. Semua pihak tetap bersemangat dan optimis untuk kedaulatan pangan walaupun saat ini sedang dilanda kekeringan. SY/HSDM