Antusiasme Peserta Pelatihan Pra Purnabakti Belajar Hidroponik

udin abay | Senin, 02 Desember 2019 , 15:41:00 WIB

Swadayaonline.com - Antusiasme peserta pelatihan pra purnabakti terlihat saat mendapatkan materi tentang hidroponik. Mereka merupakan peserta pelatihan pra purnabakti yang berasal dari PT. Medco E&P dan berkunjung ke Inkubator Agribisnis Balai Besar Pelatihan Pertanian Lembang, Kamis (28/11/2019).

Hidroponik yang merupakan salah satu kegiatan pertanian diberikan kepada peserta sebagai bekal di masa purnabakti nanti. Hidroponik sendiri dipilih karena budidaya sayuran menggunakan sistem ini memiliki peluang usaha yang menjanjikan.

Dengan sistem hidroponik, lahan di perkotaan dengan luasan yang sempit tidak menjadi kendala. Jumlah tanaman yang dibudidayakan pun cukup banyak dengan luasan yang sempit ini. Terutama dengan pola vertikultur atau bercocok tanam secara vertikal. 

Sistem hidroponik yang dikenalkan saat kunjungan berupa aeroponik, irigasi tetes serta DFT (deep flow technique). Para peserta mendengarkan dengan antusias ketika diberikan informasi mengenai hidroponik ini. Salah satu peserta bahkan sangat mengapresiasi sekali dengan kegiatan pertanian yang ada. “Tanpa pertanian kita tidak akan makan”, begitu ujarnya. SY/TWI