Teknologi Cabai untuk Kesejahteraan Petani

udin abay | Minggu, 17 Desember 2017 , 10:42:00 WIB

Seadayaonline com - Salah satu tugas BPTP Banten adalah memberikan pendampingan kegiatan pertanian di Provinsi Banten  dalam bentuk pendampingan kegiatan secara langsung di lapangan, pelatihan kepada petani dan ekspose teknologi melalui demplot.

Demplot pendampingan kegiatan hortikultura khususnya cabai dilakukan dengan memperkenalkan Varietas Kencana untuk cabai merah keriting dan Varietas Prima Horti untuk cabai rawit yang merupakan produk teknologi Badan Litbang  Pertanian.

Kedua varietas ini memiliki tingkat produktivitas yang tinggi. Hasil demplot menunjukkan perkiraan  hasil Varietas Kencana adalah 12 ton/ha dan Prima Horti sekitar 14 ton/ha.

Selain produktivitas yang tinggi, kedua varietas ini memiliki beberapa keunggulan, yaitu keduanya masih merupakan jenis OP (masih bisa dibenihkan kembali), dan Varietas Kencana dalam satu ketiak bisa menghasilkan 2-3 buah. 

Di Kabupaten Pandeglang, beberapa wilayah kecamatan telah pernah melakukan penanaman Varietas seperti di Kec. Mandalawangi, Kec. Jiput, dan Kec. Pandeglang.  Respon petani sangat positif terhadap varietas tersebut karena buahnya sangat lebat.

Sebagai upaya diseminasi hasil teknologi Badan Litbang (Varietas Kencana dan Varietas Prima Horti), BPTP Banten melaksanakan Temu Lapang, 16 Desember 2017 dengan menghadirkan perwakilan petani-petani cabai, Dinas Pertanian Kab. Pandeglang, dan penyuluh. Temu lapang dilakukan di dekat lokasi demplot dengan tujuan untuk menunjukkan secara langsung keunggulan hasil dari kedua varietas ini. Peserta sangat antusias dan merespon positif hasil demplot. Beberapa peserta meminta bantuan benih kedua varietas tersebut. Benih gratis telah disediakan oleh petani penangkar a.n M. Ulung yang merupakan petani binaan BPTP Banten.

Dalam Temu Lapang ini juga dilakukan diskusi antara petani, Kepala BPTP Banten, Ir.Amirudin Pohan, M.Si dan Perwakilan Dinas Pertanian Kab. Pandeglang. Secara umum, diskusi membahas pencegahan dan pengendalian OPT tanaman cabai. Kepala BPTP Banten menyampaikan bahwa BPTP Banten siap untuk membantu petani di lapangan antara lain dengan memberikan pelatihan/bimtek kepada petani dengan materi tidak hanya terkait budidaya tetapi juga tentang pasca panen cabai (pengolahan) sebagai salah satu upaya jika menghadapi panen cabai melimpah dan harga terpuruk. Disampaikan juga agar penggunaan dan keunggulan kedua varietas cabai yang diperkenalkan ini dapat diteruskan kepada petani lainnya. SY/HMS