Masih Ada Panen di Jawa Tengah

udin abay | Senin, 18 Desember 2017 , 10:01:00 WIB

Swadayaonline.com - Memasuki pertengahan bulan Desember 2017, pada umumnya sebagian petani di Jawa Tengah sudah memasuki masa tanam. Namun di beberapa lokasi di kabupaten Boyolali dan Wonosobo terpantau baru memasuki masa panen menjelang pertengahan hingga akhir Desember 2017. 

Pada hari ini 17/12/2017 dilakukan panen di beberapa titik luasan. Masih banyak titik-titik panen di Jawa Tengah menunjukkan bahwa walaupun musim tanam secara umum (Desember) ternyata juga ada musim panen.

Kondisi seperti ini mengilustrasikan bahwa ketersediaan pangan akan terjaga secara berkelanjutan. Oleh karena itu, semangat untuk menuju lumbung pangan dunia di Indonesia bukan suatu tujuan yang berlebihan.

Kerjasama untuk bersinergi antar berbagai stake holders merupakan kunci sukses yang harus diteruskan.

Kepala BPTP Balitbangtan Jawa Tengah Dr. Harwanto mengungkapkan bahwa menurut pantauannya di Jateng, lokasi yang sedang melakukan panen padi tercatat di 5 (lima) desa di Kabupaten Boyolali yaitu Desa Kopen, Desa Kadireso, Desa Bangak, Desa Trayu dan Desa Tanjungsari, jelasnya. Total luasan panen mencapai 5,5 ha dari luas total hamparan 190 ha dengan provitas rata-rata 6 ton/ha.

Adapun untuk wilayah Wonosobo, luasan panen yang dipantau seluas 3,9 ha dari luas hamparan 22 ha dengan provitas mencapai 6,4 ton/ha. Dari hasil pantauan juga tercatat bahwa jenis varietas padi yang digunakan berupa IR 64, Inpari 30, Inpari 31 maupun jenis lainnya seperti Songgolangit, Cianjur dan Barito. SY/HMS