Sereh, Tanaman Obat Herbal Mujarab

udin abay | Selasa, 17 Desember 2019 , 17:25:00 WIB

Swadayaonline.com - Sereh adalah herbal dari golongan rumput-rumputan yang mudah tumbuh di lahan marginal sekalipun serta mampu memegang tanah sehingga di pematang-pematang sawah banyak dimanfaatkan sebagai tanaman sela. Di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan budidaya sereh menjadi suatu kewajiban karena BBPP Ketindan sebagai balai pelatihan yang salah satu fokusnya pada tanaman obat/ herbal dan tanaman pangan. Juga di lahan-lahan yang tidak produktif akan menjadi hijau bila tanaman sereh ditanam di area tersebut. Lahan semacam tanah berkapur, tanah berawa, tanah berkerikil atau lainnya banyak dimanfaatkan oleh petani untuk berbudidaya tanaman sereh, kenapa? Karena lahan yang lebih subur dimanfaatkan untuk berbudidaya tanaman lain yang membutuhkan syarat tumbuh lebih rumit.

Sereh atau dikenal dengan nama Cymbopogan citratus merupakan tanaman yang banyak manfaatnya . Dalam kaitan kandungan zat gizi dapat diperhatikan kandungan sereh yang luar biasa seperti Vitamin A, Vitamin C, Natrium, Kalsium, Kalium, Tembaga, Seng, Asam folat, Vitamin B3 ( Niasin), Vitamin B6 (Piridoksin), Vitamin B2 (Riboflavin), Vitamin B1 (Thiamin), Besi, Mangan, Magnesium, Selenium, Karbohidrat, Protein dan Lemak. Itulah sebabnya kenapa sereh dapat dimanfaatkan sebagai bahan menjaga kesehatan, kecantikan dan kuliner.

Kuliner Indonesia dikenal kaya herbal,  lezat dan sehat. Itu dibuktikan dengan terpilihnya rendang sebagai makanan terlezat tingkat dunia. Masakan rendang banyak menggunakan sereh yang dibutuhkan untuk mengharumkan masakan tersebut. Selain itu sereh dicampur jahe yang dimarinasikan ke daging akan mempercepat pengempukan dan tentunya mengurangi bau amis. Itu menjadi rahasia tersendiri bagi para chef resto/ rumah makan yang banyak menyajikan kuliner daging baik aayam atau sapi. Daun pepaya ataupun nanas dengan bromelinnya sudah jarang dimanfaatkan, tetapi sereh sebagai pengganti yang digunakan. Kalau diperhatikan dengan lebih seksama hampir seluruh masakan khas Jawa, akan menggunakan sereh sebagai salah satu racia’an yang mesti disediakan.

Selain kuliner, sereh banyak juga dimanfaatkan untuk bahan kecantikan. Contoh sederhana adalah fungsinya untuk menghilangkan jerawat. Walaupun ini merupakan efek tidak langsung dari detoksifikasi dan relaksasi. Aromaterapi yang dihasilkan akan menenangkan dan proses selanjutnya akan membuat kita merasa nyaman sehingga stres hilang dan sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Hasilnya jerawat akan menghilang pelan-pelan. Fungsi lain dari sereh untuk menjaga kecantikan adalah sebagai aromaterapi dan lotion anti nyamuk. Lotion jenis ini telah banyak dibisniskan oleh perusahaan besar maupun kecil. Selain baunya yang khas, bahan bakunya juga mudah tersedia dan berlimpah di Indonesia. Juga minyak sereh yang merupakan hasil destilasi dari tanaman sereh  dapat dimanfaatkan sebagai anti ketombe yang efektif. Kita tahu berbagai merk shampo dikeluarkan untuk mengatasi rambut kotor dan ketombe. Bisnis inipun cukup marak dan dipromosikan besar-besaran di berbagai media, padahal hasil langsung dari destilat (minyak sereh) dapat dengan mudah diusapkan di akar rambut, lalu dicuci dan hasilnya ketombepun menghilang. Mudah, murah dan aman.

Terakhir banyak dimanfaatkan orang adalah sereh sebagai bahan untuk menjaga kesehatan. Mengobati nyeri otot dan sendi adalah salah satu efek analgesik yang didapat dari sereh, sehingga rebusan serehpun dapat dimanfaatkan untuk mengurangi nyeri haid. Juga efek deuretik akan memperlancar urin keluar dan ini menjaga fungsi ginjal agar tetap sehat, serta sekaligus dapat digunakan sebagai bahan diet agar langsing. Lancarnya urin bagi penikmatnya adalah manfaat dari kandungan kalium di sereh. Sebagaimana diketahui bahwa kalium memegang peran penting terhadap kerja jantung, dengan teraturnya jantung kita maka akan memperlancar sirkulasi darah dan ini sangat menguntungkan dalam mengontrol tekanan darah. Juga diketahui bahwa sereh mengandung zat antimikroba yang akan melawan bakteri Streptococcus mutans bila bakteri tersebut menyerang gigi yang berlubang. Itulah sebabnya minyak sereh atau rebusan air sereh banyak dimanfaatkan nenek moyang kita untuk mengobati infeksi gigi berlubang. Dan satu lagi yang tidak kalah penting di mana kandungan antioksidan yang tinggi seperti asam klorogenat, isoorientin dan swertiajaponin juga dimiliki sereh. Ini artinya serehpun bangus untuk mencegah penyakit kanker. SY/YNI