Kunjungi BBPP Ketindan, DPRD Banten Siapkan Kerjasama Pengembangan Pertanian Bernilai Ekspor

udin abay | Selasa, 21 Januari 2020 , 08:13:00 WIB

Swadayaonline.com - Kali ketiga rombongan dari DPRD berkunjung ke Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan selalu semangat membicarakan dunia pertanian yang semakin pesat kemajuannya. Senin, 20/01/2020 Wakil Ketua Komisi II, H. Yoyon beserta rombongan kembali berkunjung dan  berkoordinsi dengan pihak BBPP Ketindan dan diterima oleh Kepala Bagian Umum, Deden Harmedi serta sejumlah pejabat BBPP Ketindan. Koordinasi ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari rombongan sebelumnya yang juga fokus pengembangan pertanian. 

Yoyon menyampaikan bahwa saat ini prioritas utama di Provinsi Banten yaitu terobosan pengembangan kopi dan jengkol. Dimana kedua komoditas tersebut mempunyai potensi yang tinggi untuk diekspor. Untuk itu perlu sentuhan teknologi dan kerjasama yang baik untuk pengembangan dua komoditas tersebut. Berbagi informasi sangat diperlukan oleh Pemprov Banten tentang berbagai macam teknologi, produk olahan dan pengembangan SDM bagi petani milenial yang ada di BBPP Ketindan. 

Sejumlah pejabat BBPP Ketindan yang hadir mengatakan bahwa disini juga mempunyai banyak petani binaan sebagai tempat pembelajaran disamping juga BBPP Ketindan telah banyak mempunyai teknologi terapan yang sangat bisa diterapkan oleh masyarakat atau pelaku usaha tani. Seperti asap cair sebagai pengusir tikus dan burung dan level 2-3 bisa digunakan sebagai pengganti formalin atau bahan pengawet kimia yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Dan juga aneka produk olahan yang bisa memberi nilai tambah yang tinggi bagi pelaku industri pertanian atau produk olahan pasca panen. Dan binaan BBPP Ketindan seperti penyuluh dan petani juga telah banyak yang berprestasi dan banyak menghasilkan teknologi serta produk. 

Diakhir koordinasi, Yoyon berharap bisa dilakukan kerjasama pelatihan terkait pemberdayaan petani milenial yang sangat berpotensi membangun kemajuan pertanian di Provinsi Banten. SY/YNI