Posyandu Matahari Probolinggo Sambangi BBPP Ketindan Belajar Pertanian

udin abay | Rabu, 22 Januari 2020 , 21:30:00 WIB

Swadayaonline.com - Dunia pertanian dalam beberapa tahun belakangan ini menjadi perhatian yang sangat tinggi dari berbagai kalangan. Termasuk dari kalangan pendidikan anak-anak usia dini hingga mahasiswa, serta masyarakat lainnya. Salah satunya yang masih hangat adalah kunjungan atau study banding dari Taman Posyandu Matahari,  Kabupaten Probolinggo. Dimana sejumlah 40 anak-anak usia dini bersama orang tuanya berkolaborasi untuk mengenal dan mempelajari sedikit tentang dunia pertanian. 

Kegiatan ini sangat mengedukasi orangtua agar bisa mendampingi anaknya dalam praktek melakukan budidaya tanaman cabai dan tomat. Disampaikan praktek melakukan penanaman cabai dan tomat,  seluruh peserta study banding selama berjalan menyusuri lahan atau kebun praktek BBPP Ketindan juga dikenalkan dengan berbagai macam tanaman seperti sayuran pare, okra dan labu madu yang ditanam di satu lahan atau dikenal dengan multiple croping,  disamping itu juga dikenalkan dengan tanaman jagung manis, edamame, kacang tanah, bawang merah serta berbagai tanaman lainnya yang belum diketahui oleh siswa dan orangtua. 

Diakhir anak-anak melakukan kegiatan praktek menanam cabai dan tomat yang diajarkan oleh petugas kebun dan didampingi oleh orangtua anak-anak. Hasil praktek tersebut mereka bawa pulang dan dirawat agar tumbuh subur, dan anak-anak bangga akan hasil karya mereka dalam berbudidaya tanaman secara sederhana. SY/YNI