Distribusi Bahan Pokok, Mudahkan Masyarakat Mengakses Pangan

udin abay | Rabu, 20 Desember 2017 , 08:47:00 WIB

Swadayaonline.com - Selama ini, salah satu kendala yang dihadapi masyarakat Papua Barat untuk mengakses bahan pangan adalah masalah distribusi. 

Kendala tersebut antara lain masalah jalan, jembatan dan tentu saja transportasi yang membawa bahan pokok dari satu tempat ke tempat lainnya.

Namun, berkat pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah, masalah distribusi itupun saat ini sudah teratasi dengan baik, sehingga harga pangan selain mudah di dapat, harganya juga stabil.

"Kendala distribusi pangan di Papua Barat kini sudah lebih baik dari tahun ke tahun, sehingga memperlancar arus pendistribusian barang," ujar Liek Irianti, Kepala Bidang Distribusi pangan,  Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian di sela-sela melakukan  kunjungan kerja ke  Pasar Wosi, Manokwari, Papua Barat.

Dalam kunjungan yang dilakukan bersama  perwakilan divre Bulog Manokwari, satgas pangan, Disperindag, dan Bank Indonesia perwakilan Papua Barat untuk memantau harga  komoditas utama pangan, harga pangan relatif stabil dan terkendali. 

Berdasarkan hasil pantauan, harga pangan pokok strategis dibandingkan seminggu terakhir masih stabil seperti Beras Medium Rp 10.000/kg, Daging ayam Rp 35.000/ekor, Bawang Merah 35.000/kg, Bawang putih 21.000/kg, Cabai merah keriting 20.000/kg, Cabai rawit merah 40.000/kg

Khusus Telur ayam mengalami peningkatan harga menjadi 25.000/kg, yang semula hanya Rp 23.000/kg.

Hal tersebut terjadi karena adanya kenaikan harga pakan ternak dan  akibat adanya ulah pedagang yang memanfaatkan efek psikologis pasar jelang Natal dan Tahun Baru untuk menaikkan harga. 

"Sebenarnya harga telur tidak perlu naik, karena ketersediaannya cukup. Inikan akibat ulah pedagang yang ingin mendapat keuntungan lebih, disaat kebutuhan meningkat," ujar Alexius Tamo Ama, Kepala Pasar Wosi, Manokwari.

"Untuk itu kami akan menindak tegas pedagang yang melakukan penimbunan bahan pangan " tegas Frederik Tuasela, Satgas Pangan Papua Barat

Namun demikian, secara keseluruhan harga pangan di Papua Barat terpantau stabil dan ketersediaan stok pangan terpantau aman hingga tahun baru 2018. SY/HMS