Bimtek Inovasi Perbenihan Bawang, Cabai dan Kentang

udin abay | Jum'at, 22 Desember 2017 , 09:09:00 WIB

Swadayaonline.com - Bimbingan Teknis (Bimtek) Perbenihan Mawang Putih, Bawang Merah, Cabai dan Kentang 2017, dilaksanakan di Hotel Banana Inn Bandung pada tanggal 14-15 Desember 2017 dan dibuka secara resmi oleh Kepala Puslitbang Hortikultura Dr. Hardiyanto. Bimbingan Teknis ini tertujuan untuk Pemenuhan kebutuhan benih bawang putih, bawang merah, cabai dan kentang nasional.
Acara bimtek kali ini sangat cocok Sebab diseminasi memegang peranan penting dalam menyebarluaskan inovasi teknologi yang dihasilkan Puslitbang Hortikultura. Dalam sambutannya Hardiyanto menekankan agar masing - masing Balit dan BPTP harus memiliki medan tempur sebagai lokasi andalan untuk mendiseminasikan inovasi teknologinya terlebih Balit yang memiliki mandat nasional.
Penerapan inovasi teknologi hortikultura terutama buah-buahan jangan dari nol, terlalu lama. Kita harus bermitra dengan berbagai institusi terkait untuk menghasilkan paket teknologi yang lengkap dan bermanfaat untuk masyarakat, ujarnya
Kementan memcanangkan tahun 2019 Indonesia harus swasembada bawang putih. Untuk mendukung program tersebut Kementan menyiapkan lahan pertanaman bawang putih seluas 60 ribu hektar. Dengan asumsi hasil panen 10 ton per hektar per tahun, Indonesia akan menghasilkan bawang putih 600 ton per tahunnya. Jumlah ini lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan bawang putih dalam negeri ujar Hardiyanto lagi.
Peserta bimtek meliputi, Balitsa, BPTP yang memiliki keterkaitan langsung dengan program perbenihan bawang putih diantaranya BPTP Banten, BPTP Jambi, BPTP Bengkulu, BPTP Jabar, BPTP Jatim, BPTP NTB, BPTP Bali, BPTP NTT, BPTP Susel, BPTP Sulteng, dan BPTP Sumbar, Importir bawang putih (PT. Pajie Pratama Indonesia dan CV. Sianr Padang Sejahtera), petani, dan stakeholders lainnya. SY/WDI