Membangkitkan Bawang Putih Pujon

udin abay | Jum'at, 29 Desember 2017 , 21:14:00 WIB

Swadayaonline.com - Kementerian Pertanian melalui BPTP Jawa Timur melakukan dukungan swasembada bawang putih melalui produksi benih bawang putih di Kecamatan Pujon Kabupaten Malang pada akhir tahun 2017 ini. (29/12/2017)

Tanaman bawang putih sudah sangat jarang ditemukan. Padahal, tahun 90-an tanaman bawang putih menjadi salah satu tanaman primadona di wilayah Pujon-Ngantang. Pertanaman bawang putih mulai merosot di wilayah ini akibat masuknya bawang impor yang memiliki harga lebih murah.

Padahal bawang putih unggul nasional seperti lumbu hijau dan lumbu kuning dapat menyaingi kualitas bawang impor dari China.” Ujar Didik salah seorang penangkar bawang putih di Pujon. Sekalian dengan kondisi tersebut, Ir Baswarsiati, MS. Peneliti bawang putih mulai membangkitkan kembali varietas unggul nasional asal Kota Batu tersebut melalui inisiasi penangkaran benih bawang putih Varietas Lumbu Kuning dan Lumbu Hijau di Kecamatan Pujon. 

Salah satu caranya dengan produksi benih bersertifikat sehingga dapat mendukung swasembada hortikultura di Indonesia dan mengembalikan kejayaan bawang unggul nasional di Jawa Timur. SY/HMS