Siap-Siap, Pengusaha Akan Beli Bawang Merah Petani

udin abay | Selasa, 09 Januari 2018 , 22:05:00 WIB

Swadayaonline.com - Petani bawang terutama di sentra produksi, kini harus bersiap-siap. Pasalnya himbauan Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian, Spudnik Sujono kepada pelaku pengusaha eskpor impor bawang merah untuk menyerap produksi bawang merah yang melimpah, ternyata disambut baik oleh pengusaha yang hadir saat 9 pengusaha bertemu dengan Dirjen Hortikultura di kantornya. Dengan peran pengusaha untuk membeli hasil panen yang surplus dengan harga yang baik, menurutnya akan mengembalikan harga kembali normal dan petani akan kembali semangat untuk menanam. (9/1/2018)

Menurut Yasid Taufik dari Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian, Ditjen Hortikultura bahwa sudah ada kesepakatan dari pengusaha yang hadir untuk membeli bawang merah petani yang produksinya kini melimpah dengan harga yang wajar dan menguntungkan petani. harga dan banyaknya bawang merah yang akan dibeli antara lain:
PT. Indoffod Sukses Makmur akan membeli sebanyak 1000 ton untuk bulan Januari dari mitra dan non mitra dengan harga Rp. 9.000/kg – Rp. 10.000/kg (rogol askip). PT. Juma Berlian Exim membeli 75 ton bulan Januari dari Brebes dengan harga Rp. 14.000/kg (rogol askip). Prakarsa Alam Segar membeli 120 ton bulan Januari dari Nganjuk, Brebes, dan Demak dengan harga yang disesuaikan. Karunia Alam Segar membeli 1000 ton bulan Januari dari Nganjuk, Brebes, dan Demak dengan harga yang juga disesuaikan.   

PT. Aman Buana akan membeli 30 ton bulan Januari dari Nganjuk dan Brebes dengan harga Rp. 10.000/kg (ponggol), CV Bawang Mas 99 akan membeli 30 ton dengan harga yang disesuaikan. CV Atase Enterprise akan membeli 75 ton bulan Januri dari Bima dan Brebes dengan hargaRp. 10.000/kg (ponggol). Sedangkan PT. Indoagri Lestari dan PT. Binagloria Enterprindo akan membeli di tempat dan harga yang akan disesuaikan.

Yasid mengatakan dari pengusaha yang sudah siap membeli, tentunya akan mengurangi kelebihan stok bawang di petani dan nantinya akan diikuti pembelian oleh pengusaha lain dan pemerintah melalui Bulog, sehingga harga bisa kembali stabil. “Tingginya curan hujan, memang mempengaruhi produksi bawang merah tetapi bukan berarti produksi bawang tidak ada bahkan sangat banyak. Harga bawang merah di pasar di jakarta antara Rp. 20.000/kg – 35.000/kg, tetapi harga saat ini ditingkat petani terutama di brebes turun terendah sampai Rp. 4.000/kg, ini sangat menyediahkan,” ujarnya. SY