Petani Halmahera Utara Masih Terus Panen Padi

udin abay | Selasa, 16 Januari 2018 , 15:01:00 WIB

Swadayaonline.com - Meski belum memasuki puncak panen raya, sudah sepekan ini petani Halmahera Utara masih terus panen padi. Selasa pagi ini (16/1) panen masih dilakukan di desa Wonosari, Kecamatan Kao Barat. Diperkirakan sekitar 90 hektar padi yang akan terus dipanen hingga akhir Januari.

Varietas padi yang dipanen adalah Inpari 30 dan Mekongga seluas 3 hektar dengan kisaran produktivitas 6 hingga 7 ton/ha. Kegiatan panen padi kali ini menggunakan combine harvester dengan dikawal oleh Babinsa Kodim 1508/Tobelo.

Kehadiran tim UPSUS dan Babinsa sebagai aparat teritorial disetiap kegiatan usahatani padi sangat dibutuhkan oleh petani. Selain membantu teknis operasional secara langsung, kehadiran mereka juga turut meningkatkan motivasi petani untuk meningkatkan produksi padi di Hamahera Utara.

Sementara itu, ketua kelompok tani rejeki I, Rohman, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah yang telah banyak membantu budidaya padi di wilayahnya. Sejak tahun lalu kelompoknya mendapatkan bantuan mesin panen combine harvester sehingga kegiatan panen jauh lebih cepat dan hemat. Untuk memanen lahan padi 1 hektar hanya membutuhkan waktu 2-3 jam dan hasilnya langsung berupa gabah kering panen. Namun demikian, combine harvester yang besar ini juga memiliki kelemahan yaitu mudah ambles dilahan sawah yang lumpurnya agak dalam, "ujarnya. SY/HMS