Kepala Balitbangtan Panen Padi Largo Super di Kebumen

udin abay | Senin, 12 Februari 2018 , 21:01:00 WIB

Swadayaonline.com - Hari ini 12 Februari 2018 Kepala Badan Litbang Pertanian melakukan Panen Padi Larikan Gogo  Super (LARGO SUPER) di Kabupaten Kebumen, tepatnya di Desa Banjarejo dan Desa Puliharjo Kecamatan Puring. Padi gogo seluas 100 ha tersebut bukan dilahan sawah irigasi tetapi di lahan kering dataran rendah dan di bawah tanaman kelapa. Dalam awal pelakasanaanya sempat diragunkan oleh petani akan keberhasilan Dem Area  tersebut. Tetapi pada akhirnya semua petani antusias.

Varietas padi yang ditanam adalah varietas Inbrida Padi Gogo (INPAGO) 8, 9, 10, dan 11. Juga IPB 8G dan IPB 9G, HIPA dan Situ Patenggang. Varietas-varietas ini memiliki potensi meningkatkan produksi dari 1 – 3 ton/ha. Tahun 2017, Kecamatan Puring menjadi lokasi pengembangan padi lahan kering dengan sistem larikan gogo (Largo) Super.
Kepala Badan Litbang Pertanian sangat mengapresiasi atas keberhasilan pendekatan LARGO SUPER yang telah meningkatkan produktivitas padi di lahan kering secara nyata di areal demfarm 100 ha di Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen. Menurut tim BPS yang telah melakukan ubinan terhadap beberapa titik pertanaman LARGO bahwasannya provitas padi gogo di demfarm ini dapat mencapai 7,9 ton/ha. Capaian ini meningkat hampir 3 ton dibandingkan rata-rata di tingkat petani yang hasilnya sekitar 4 ton/ha. 

Dalam sambutannya Kepala Badan Litbang Pertanian berharap bahwa teknologi LARGO SUPER ini dapat terus dikembangkan di seluruh lahan kering di Indonesia yang potensinya masih sangat besar. Sehingga pertanian padi di lahan kering  yang tangguh berbasis inovasi teknologi karya anak bangsa dapat terwujud  dan menjadi harapan kita semua untuk mewujudkan cita-cita Indonesia sebagai lumbung pangan dunia 2045.

Bersamaan dengan Panen LARGO SUPER Kepala Badan Litbang Pertanian Melaunching teknologi LARGO SUPER untuk diterapkan secara lebih luas lagi di sentra-sentra lahan kering lainnya di Indonesia.  Dari Desa Banjareja, Kecamatan Puring, Kabupeten Kebumen teknologi LARGO SUPER akan dikembangkan ke lahan kering seluruh Indonesia. Kegiatan scaling up ini akan dikawal oleh Peneliti dan Penyuluh BPTP Balitbangtan di 33 Provinsi. 

Acara diakhiri dengan dialog antara Kepala Balitbangtan dengan para petani. Petani serta warga begitu antusias akan teknologi ini. Kegiatan panen  disemarakkan yang diawali prosesi penyambutan Kepala Balitbangtan menaiki kuda joget dan diiringi musik tradisional ke lokasi panen, pentas musik rakyat serta diakhiri dengan lomba panjat pinang. Semua ini dilakukan sebagai ungkapan syukur petani atas panen padi gogo yang melimpah. Dengan bangga LARGO inovasi teknologi Balitbangtan untuk ketahanan pangan bangsa berhasil didaratkan dari Kebumen untuk Bangsa. SY/HMS