BBPP Ketindan Latih 83 Orang Penyuluh Diklat Dasar Ahli

udin abay | Selasa, 20 Februari 2018 , 15:23:00 WIB

Swadayaonkine.com - Kehadiran penyuluh pertanian dan peranan ditengah-tengah masyarakat sangat dibutuhkan untuk meningkatkan sumberdaya manusia khusunya petani, sehingga mampu mengelola sumber daya alam yang ada secara intensif untuk tercapainya peningkatan produktivitas dan pendapatan atau tercapainya ketahanan pangan dan ketahanan ekonomi.

Dengan diberlakukannya Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2006 tentang sistem penyuluhan pertanian, perikanan dan kehutanan, maka peran penyuluh pertanian menjadi strategis dalam memfasilitasi proses pemberdayaan pertanian.

Salah satu strategi untuk meningkatkan kompetensi kerja penyuluh pertanian adalah melalui penyelenggaraan pelatihan dasar penyuluh pertanian ahli bagi PNS dan tenaga harian lepas tenaga bantu penyuluh pertanian (THL TB PP) yang diangkat menjadi CPNS dan telah mengikuti diklat prajabatan. Sebanyak 30 orang penyuluh PNS dan 53 orang CPNS dari THL TB PP yang berasal dari 6 provinsi, Jawa Timur, Jawa Tengah, D.I Yogyakarta, Bali, NTB dan NTT dilatih di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan untuk mengikuti diklat dasar ahli yang diselenggarakan dari tanggal 20 Februari sampai dengan 12 Maret 2018 atau selama 21 hari.

Kepala BBPP Ketindan Kresno Suharto dalam sambutan pembukaan menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan profesionalisme, pengetahuan, keterampilan, sikap dan memberikan wawasan berpikir secara komprehensif bagi penyuluh pertanian dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya. SY/YNI