Mengembalikan Naluri Penyuluh Melalui Perilaku Pertanian

aa | Rabu, 21 Februari 2018 , 16:39:00 WIB

Swadayaonline.com - Sebagai agen pembangunan di bidang pertanian,  penyuluh akan senantiasa dihadapkan pada tanggung jawab terhadap berlangsungnya perubahan yang menyangkut dengan dunia pertanian. Penyuluh tidak hanya bisa berteori, tetapi juga bisa praktek dalam dunia nyata kegiatan laku pertanian. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan dalam pelatihan dasar bagi penyuluh pertanian ahli, baik yang PNS maupun CPNS dari THL TB adalah perilaku pertanian.
Inovasi pengembangan kegiatan perilaku pertanian tidak ada dalam kurikulum pelatihan fungsional bagi penyuluh pertanian. Tetapi hal ini dibidik oleh BBPP Ketindan sebagai salah satu langkah nyata untuk mengembalikan naluri jiwa penyuluh pertanian hadir ditengah masyarakat dan mentransfer ilmu kepada petani yang dibinanya. 
Rencananya perilaku pertanian ini akan berlangsung dari tanggal 21 Februari sampai 3 Maret 2018. Dimana kegiatan ini berlangsung mulai jam 5.30 - 06.30 dan difokuskan untuk turun melakukan pengolahan lahan, penggunaan alsintan, tanam dan panen yang akan dimodifikasi setiap harinya, sampai kegiatan ini selesai di tangal 3 Maret. SY/YNI