Bujangseta, Buahkan Jeruk Berjenjang Sepanjang Tahun

udin abay | Rabu, 21 Februari 2018 , 20:47:00 WIB

Swadayaonline.com - Agribisnis jeruk sering dihadapkan pada permasalahan yang lazim dirasakan oleh petani. Masalah tersebut antara lain masa produksi yang lama dan masa panen bersamaan yang mengakibatkan jatuhnya harga yang kurang menguntungkan bagi petani serta kualitas buah yang kurang bagus.

Teknologi yang mampu memecahkan solusi bagi masalah petani dalam membudidayakan jeruk adalah Teknologi Pembuahan Jeruk Berjenjang Sepanjang Tahun yang dikenal dengan Bujangseta. Bujangseta diharapkan mampu mengatasi permasalahan petani, konsep dari bujangseta adalah produksi jeruk yang bisa berbuah sepanjang tahun (off season) dan menghasilkan buah bermutu premium seragam, citarasa sesuai pasar, kulit buah mulus dengan harga memadai.

Makanyang harus dilakukan untuk teknologi bujangseta p.running atau pemangkasan. Pengaturan tajuk atau kanopi dengan cara pemangkasan, cabang atau ranting yang sakit, cabang atau ranting yang tumbuh berseberang kedalam tajuk, cabang atau ranting yang tumbu dominan, ranting bekas tangkai buah. Tujuannya untuk memacu pertumbuhan tanaman dimana tanaman akan tumbuh lebih sehat karena akan memacu pertunasan vegetatif dan generatif lebih seimbang, serta kelembaban dalam tajuk dapat dikurangi dan secara otomatis penyakit akan lebih mudah dikendalikan.

Selain itu juga dilakukan nutrisi atau pemupukan. Pemberian nutrisi organik berupa pupuk kandang dan pupuk NPK majemuk yaitu kombinasi pemberian pupuk NPK dalam bentuk padat dan pupuk NPK dalam bentuk cair. Tujuan pola pemberian pupuk kondisi tanaman yang sehat yang mampu tumbuh dengan baik, berbuanga dan berbuah secara kontinyu.

Aplikasi pupuk Kiserit (MgSO4) merupakan pemberian penambahan pupuk kiserit dengan dosis pemberian 50 gr per 20 liter air per aplikasi dan diberikan pada saat umur buah 15 dan 25 minggu setelah bunga mekar bertujuan untuk meningkatkan kadar rasa manis buah disaat masak fisiogis.

Pola pengendalian hama dan penyakit juga perlu diupayakan untuk mengendalikan penyakit dititikberatkan pada penyakit burik kusam dengan model pengendalian perpaduan antara monitoring dan interval pengendalian secara berkala. Tujuannya siklus perkembangan dan serangan hama dan penyakit dapat dan mudah dikendalikan sehingga diperoleh buah yang berkualitas premium. SY/IND