PT. Pusri dan Poktan Karya Bhakti II Kerjasama Budidaya Bawang Merah

udin abay | Kamis, 22 Februari 2018 , 22:26:00 WIB

Swadayaonline.com - Dalam upaya peningkatan produktivitas bawang merah, Kelompok Tani Karya Bhakti II di Desa Puworejo Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang mendapat kepercayaan dari PT. Pupuk Sriwijaya (Pusri), Sumatera Selatan untuk pengembangan budidaya bawang merah varietas Batu Ijo menggunakan POC atau lebih dikenal dengan Pupuk Cair Organik. 

Poktan Karya Bhakti II yang dipimpin oleh Yulianto dipercaya oleh PT. Pusri karena kompak menggunakan pupuk organik yang aman untuk lingkungan dan lebih sehat dikonsumsi. 
PT. Pusri membagikan bibit bawang merah varietas Batu Ijo sebanyak 6 ton dan akan dibudidayakan di demplot seluas 3 hektar. Sebelum bekerjasama dengan PT. Pusri, Poktan yang memiliki 84 anggota ini memiliki lahan seluas 40 hektar dengan rata-rata produktivitas mencapai 10 ton per hektar. 

Rencana tanam akan dimulai pada bulan Mei setelah tanam padi usai. Yulianto mengatakan bahwa, "Setelah diujicobakan, PT. Pusri akan melihat bagaimana efektivitas dan produktivitad setelah aplikasi penggunaan POC pada tanaman bawang merah varietas Batu Ijo yang dikelola oleh Poktan Karya Bhakti II. Hal ini akan didampingi juga oleh Dinas Pertanian Kabupaten Malang melalui penyuluh pertanian, Efi Sri Widayati dalam pengelolaan demplotnya. 

Sebagai alumni peserta pelatihan budidaya bawang merah di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP)  Ketindan, poktan yang didirikan 27 Maret 2017 silam telah banyak berprestasi dan mendapat kepercayaan dari banyak pihak. Konsistensi dalam penggunaan pupuk organik dinilai memberi nilai tambah bagi institusi atau lembaga yang ingin bekerjasama mengembangkan investasinya. Bank Indonesia bahkan memberi bantuan berupa gudang pasca panen bawang merah yang rencananya diberikan pertengahan tahun ini. SY/YNI