BBPP Lembang Latih Penyuluh Pertanian THL-TBPP

aa | Senin, 12 Maret 2018 , 15:39:00 WIB

Swadayaonline.com - Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang selama Tahun Anggaran 2018 ini mendapat mandat dari Kementerian Pertanian untuk melatih penyuluh pertanian Tenaga Harian Lepas-Tenaga Bantu Penyuluhan Pertanian (THL-TBPP) yang telah menjadi CPNS, baik Tingkat Ahli maupun Terampil. Sebanyak 30 angkatan atau sekitar 887 orang yang akan dilatih di BBPP Lembang dengan masing-masing waktu berlatih selama 21 hari.

Mengawali tahun 2018, BBPP Lembang melaksanakan Pelatihan Fungsional Penyuluhan Pertanian Ahli sebanyak 3 angkatan atau 90 orang, mulai tanggal 12 Februari-5 Maret 2018. Mereka berasal dari Kabupaten Bandung, Bandung Barat, Karawang, Ciamis, Purwakarta, dan Subang.

Pelatihan Dasar Fungsional Penyuluh Pertanian merupakan salah satu pelatihan dasar yang wajib diikuti oleh penyuluh pertanian sesuai dengan level atau pendidikannya. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi sesuai dengan tugas pokok dan fungsi sebagai penyuluh. Di BBPP Lembang, materi tidak hanya untuk peningkatan kompetensi, namun juga terkait pembinaan karakter guna peningkatan disiplin para penyuluh pertanian dalam menjalankan tugasnya di lapangan.
Selama pelatihan, peserta memperoleh materi secara klasikal maupun praktik kompetensi yang dilakukan di lapangan, seperti: Identifikasi Potensi Wilayah, Programa Penyuluhan, Rencana Kerja Tahunan, Materi, Metode dan Media penyuluhan, Pengemasan Data dan Pendidikan Orang Dewasa. Lima hari menjelang berakhirnya pelatihan, peserta melaksanakan praktik kompetensi di kelompok-kelompok tani d Desa wilayah Kecamatan Soreang, Katapang, dan Pasirjambu Kabupaten Bandung. Selama 5 hari, peserta mempraktikkan materi penyuluhan yang diperoleh selama sesi klasikal. SY/CTY