Pemda Muna Harapkan Penguatan Keterkaitan Peneliti dan Penyuluh Pertanian

aa | Selasa, 13 Maret 2018 , 12:17:00 WIB

Swadayaonline.com - Bupati Muna yg diwakili Sekretaris Daerah Nurdin Pamone SE mengharapkan agar wilayah Muna memiliki ikon sebagai salah satu peghasil komoditas pertanian baik jagung maupun sapi. 

Harapan itu dikemukakan Bupati Muna pada pembukaan Temu Teknis Inovasi Pertanian tgl 13 Maret 2018 di Galampa Rujab Bupati Muna. 

Dikatakan bahwa untuk merealisasikan hal tersebut maka sangat diperlukan adanya peningkatan keterkaitan peneliti dan penyuluh pertanian di Muna. 

Kepala Dinas Pertanian Muna Ir. Hamalin menyatakan bahwa untuk meningkatkan produksi jagung sangat diperlukan perbaikan teknologi  budidaya, perbaikan pola tanam serta perbaikan varietas lokal. 

Kepala BPTP Sulawesi Tenggara Ir  Muh. Asaad MSc mengemukakan bahwa Temu Inovasi Pertanian dimaksudkan untuk menpercepat inovasi teknologi agar cepat sampai di lapangan serta memperoleh umpan balik masalah penerapan teknologi dari lapangan.

Dalam Temu Teknis tersebut dibahas masalah penerapan teknologi padi, jagung, kedelai dan sapi potong dari Kab Muna, Muna Barat dan Buton Tengah serta materi hasil kajian dari BPTP Sulawesi Tenggara.

Temu Teknis diikuti oleh 60 orang peserta penyuluh pertanian, kontak tani dan peneliti BPTP Sulawesi Tenggara. SY/HMS